visitaaponce.com

PPP Tegaskan Komitmen Politik tanpa Mahar di Pemilu 2024

PPP Tegaskan Komitmen Politik tanpa Mahar di Pemilu 2024
Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono menyerahkan berkas pendaftaran bacaleg Pemilu 2024 ke KPU(MI/Usman Iskandar )

PARTAI Persatuan Pembangunan (PPP) secara tegas berkomitmen menerapkan politik tanpa mahar dalam rangka menciptakan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang bersih dari praktik politik uang.

"Penerapan politik tanpa mahar tadi ditegaskan oleh pak Ketua Umum (Muhammad Mardiono) dalam pidato pembukaannya (di Rapimnas PPP ke-6) sehingga jelas clear dan clean. Dan saya kira itu menjadi komitmen kami semua," ucap Ketua DPP PPP Achmad Baidowi di Jakarta, Jumat (16/6).

Selain berkomitmen penuh menerapkan politik tanpa mahar, Baidowi juga mengatakan PPP membebankan para calegnya yang maju pada Pemilu 2024 nanti untuk berkampanye dengan bersih.

Baca juga: PPP Bantah Ada Mahar Politik di Balik Bergabungnya Sandiaga Uno

"Berikutnya, caleg-caleg di PPP itu memang dibebankan untuk berkampanye secara bersih, santun dan sesuai ketentuan perundang-undangan. Jadi tidak ada caleg-caleg PPP bermain politik uang," ujarnya.

Dalam upaya mencegah kader PPP melakukan politik uang, Baidowi menyebut pihaknya juga kerap kali menggelar sejumlah pembekalan terkait hal tersebut, serta pemupukan ideologi-ideologi partai.

Baca juga: Bawaslu Nilai UU Pemilu tak Didesain untuk Kampanye Pemilu 2024

"Diberikan pembekalan, menyampaikan atau memberikan pemahaman ideologisasi kepada kader, khususnya kepada caleg untuk bekerja secara profesional sesuai ketentuan perundang-undangan," terangnya.

Ditegaskan Baidowi, jika dikemudian hari ditemukan adanya caleg PPP yang menerapkan politik uang, Partai berlambang Ka'bah itu secara tegas akan mencopot oknum tersebut sebagai kader PPP.

"Beberapa waktu pemilu yang lalu itu terdapat kader yang terlibat money politik  dalam pencalegannya, dan itu kami pecat, Kami berhentikan," ucapnya. (Rif/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat