visitaaponce.com

Erick Thohir Kandidat Potensial Dampingi Ganjar Dan Prabowo

Erick Thohir Kandidat Potensial Dampingi Ganjar Dan Prabowo
Erick Thohir(DOK MI)

MENTERI BUMN Erick Thohir muncul sebagai salah satu kandidat calon wakil presiden (cawapres) potensial bagi Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto pada pilpres 2024. Salah satu menteri andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu memiliki posisi yang menarik bagi kedua nama calon presiden (capres) tersebut.

Direktur Eksekutif Citra Institute Yusak Farchan menilai posisi Erick Thohir sebagai Menteri BUMN dan Ketua Umum (Ketum) PSSI membuat Ganjar dan Prabowo kepincut. Hal ini membuat parpol pengusung Ganjar maupun Prabowo mencoba mendekati Eks Presiden Inter Milan tersebut.

"Positioning Erick Thohir sangat seksi. Baik di poros Ganjar Pranowo maupun di porosnya Pak Prabowo Subianto," kata Yusak.

Sebagai cawapres kompeten, Yusak menilai posisi yang dimiliki Erick Thohir berpotensi mendulang suara tambahan untuk Ganjar maupun Prabowo. Figur Erick Thohir yang dekat dengan milenial juga bisa menjadi daya elektoral bagi kedua nama tersebut.

Pada survei Indonesia Political Opinion (IPO), Erick Thohir terbukti bisa memberikan tambahan suara pada Ganjar dan Prabowo. Pada survei yang diadakan 5-13 Juni 2023, duet Prabowo dan Erick Thohir mendapat angka elektabilitas sangat tinggi dengan dukungan suara sebesar 21,4 persen. Lebih tinggi bila Prabowo dipasangkan dengan Muhaimin Iskandar yang hanya mendapatkan angka 9,7 persen.

Jika Ganjar berpasangan dengan Erick Thohir, duet ini akan mendapatkan dukungan suara sebanyak 26,8 persen. Sedangkan jika Ganjar berpasangan dengan Mahfud MD, suara yang mereka dapatkan berkisar di angka 13,5 persen.

Kendati demikian, Yusak menilai Erick Thohir akan lebih cocok bila berpasangan dengan Prabowo Subianto. "Dengan berbagai variabel yang ada, saya kira akan lebih mudah diurai kalau Erick Thohir bergabung dengan poros Prabowo,” ujar Yusak. (RO/R-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat