visitaaponce.com

Dua Kapal Pemburu Ranjau Baru Milik TNI AL Tiba Bulan Ini

Dua Kapal Pemburu Ranjau Baru Milik TNI AL Tiba Bulan Ini
Ilustrasi(Antara)

Kepala Staf TNI Angkatan Laut  Laksamana TNI Muhammad Ali memperkirakan dua kapal pemburu ranjau baru buatan Jerman akan tiba di Surabaya, Jawa Timur, dalam dua pekan ke depan.

Dua kapal yang diberi nama KRI Pulau Fani-731 dan KRI Pulau Fanildo-732 itu saat ini tengah dalam perjalanan dari tempat pembuatannya di Galangan Abeking Resmussen, Lamwerder-Bremen, Jerman.

"Kapal pemburu ranjau ini sudah diangkut oleh kapal dock. Kapal itu bisa mengangkut dua KRI sekaligus, dan mungkin dalam waktu dua pekan lagi akan tiba langsung di Surabaya, dan penempatannya juga di Komando Armada II," ujar Laksamana Ali di Jakarta, Senin (3/7).

Baca juga: KRI Bung Karno-369 Diresmikan, Siap Perkuat Maritim Indonesia

Dua kapal pemburu ranjau baru itu itu dilengkapi berbagai teknologi mutakhir, seperti bahan yang menggunakan baja non-magnetik, dan penggerak motor elektrik yang dapat mengurangi kebisingan.

"Jadi, ini teknologinya cukup kekinian dan merupakan kapal buru ranjau yang cukup canggih, bahannya dari baja non-magnetic. Baja tetapi tidak mempunyai medan magnet," jelasnya.

Baca juga: KRI Teluk Hading 538 Masih Terlihat Mengeluarkan Asap

Upacara pengiriman dua kapal itu sudah dilangsungkan pada 26 Mei 2023 silam di Galangan Abeking, Jerman. Kepala Staf TNI AL memimpin langsung upacara pengiriman tersebut.

Seiring dengan pengiriman kapal, TNI AL juga mengirim total delapan personel ke Jerman untuk mengikuti pelatihan mengenai kapal pemburu ranjau. Para personel yang dikirim itu mengikuti pelatihan selama 39 hari di Jerman. (Ant/Z-11)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat