visitaaponce.com

Pengusaha Desak Penurunan Harga Tiket Feri Batam-Singapura

Pengusaha Desak Penurunan Harga Tiket Feri Batam-Singapura
Kapal-kapal feri di Batam.(Dok. Antara)

PARA pengusaha di Batam terus mendesak pemerintah untuk segera mengeluarkan kebijakan yang dapat mengembalikan harga tiket feri Batam-Singapura ke level yang lebih terjangkau, berkisar antara Rp300 ribu hingga Rp400 ribu. Mereka khawatir jika harga tiket tetap bertahan di level saat ini, pertumbuhan pariwisata di Batam akan terhambat.

Ketua Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) DPD Kepulauan Riau, Eva Betty, menyatakan bahwa keluhan tentang mahalnya tiket feri ke Singapura telah berlangsung lama.

"Hingga saat ini belum ada kebijakan yang pro-pariwisata. Hal ini berdampak signifikan terhadap kunjungan wisatawan mancanegara ke Batam, mengingat Singapura dan Malaysia merupakan sumber pengunjung terbesar," katanya, Kamis (6/6).

Baca juga : Harga Tiket Feri ke Singapura Naik lagi tanpa Pemberitahuan

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Batam, Jadi Rajagukguk, berharap Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dapat membongkar dugaan kartel tiket yang menyebabkan kenaikan harga. Ia menekankan pentingnya kebijakan yang mendukung pertumbuhan pariwisata dan sektor lainnya di Batam.

Sementara itu, Kakanwil I KPPU Wilayah I, Ridho Pamungkas, mengungkapkan bahwa KPPU sedang melakukan penyelidikan terkait keluhan tersebut. Mereka akan mengkaji dari dua pendekatan, yaitu penegakan hukum dan advokasi kebijakan. KPPU berencana mengadakan pertemuan dengan berbagai pihak terkait pada 11 Juni mendatang untuk mendiskusikan masalah ini secara komprehensif.

"Para pemangku kepentingan berharap agar penyelidikan KPPU dapat memberikan titik terang dan mendorong lahirnya kebijakan yang berpihak pada masyarakat luas serta mendukung pertumbuhan pariwisata di Batam dan Kepulauan Riau," ujarnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat