visitaaponce.com

Sosok Yenny Wahid Penting untuk Kantongi Suara Kaum Perempuan

Sosok Yenny Wahid Penting untuk Kantongi Suara Kaum Perempuan
Yenny Wahid(Antara)

Putri kedua Presiden ke-4 Republik Indonesia Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid, dinilai mewakili keterwakilan perempuan jika dipilih menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan. Hal itu dinilai penting dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Kalau seandainya Yenny Wahid betul-betul jadi digandeng oleh Anies sebagai bakal cawapres, keterwakilan perempuan itu menjadi ada. Itu penting dalam konteks politik kita hari ini dan ke depan," kata pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, Kamis (6/7).

Ia menekankan menggaet suara dari kalangan perempuan juga sangat menentukan. Dengan demikian, kehadiran cawapres perempuan jangan disepelekan.

Baca juga: Yenny Wahid Dinilai Punya Poin Plus Jika Dipilih Jadi Cawapres Anies

"Dia juga merupakan tokoh perempuan, jangan lupa perempuan itu the power of emak-emak, kekuatan perempuan jangan disepelekan, jangan dianggap enteng karena punya kekuatan yang besar di pemilu maupun di pilpres," tuturnya.

Yenny dinilai punya potensi dipilih karena merupakan figur dari Nahdhatul Ulama (NU). Selain itu, ia juga putri dari ulama yang disegani.

Baca juga: Pengamat Nilai Elektabilitas Yenny Wahid Bisa Didongkrak

"Dia tokoh Nahdliyyin di jaringannya Gusdurian. Pendukung Gus Dur juga banyak dan Gus Dur orang yang disegani di republik ini," jelas Ujang.

Sebelumnya, Partai NasDem menilai sosok Yenny Wahid cocok menjadi pendamping Anies di Pilpres 2024. Latar belakang Yenny sebagai Nahdliyin dinilai bisa memperkuat Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) dalam mencerminkan sosiokultural masyarakat Indonesia. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat