visitaaponce.com

Survei Pemilih Erick Thohir Tersebar Merata di Perdesaan dan Perkotaan

Survei: Pemilih Erick Thohir Tersebar Merata di Perdesaan dan Perkotaan
Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.(Antara)

LEMBAGA survei menyatakan Menteri BUMN Erick Thohir terus mendapatkan dukungan dari masyarakat untuk maju di pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang sebagai calon wakil presiden (cawapres).

Hal ini terekam dari tingginya angka elektabilitas Erick Thohir sebagai cawapres berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 1-8 Juli 2023.

Survei LSI mengungkapkan elektabilitas bakal cawapres Erick Thohir berada di posisi pertama. Erick yang menjadi menteri andalan Presiden Jokowi mendapatkan elektabilitas sebesar 21,2% dalam simulasi tujuh nama cawapres.

Baca juga: Dapat Apresiasi dari Jokowi, Elektabilitas Erick Thohir sebagai Cawapres Naik

"Berdasarkan survei LSI menemukan dukungan kepada Erick tersebar merata di masyarakat perdesaan dan perkotaan. Sebanyak 15,6% masyarakat di perdesaan mendukung Ketua Umum PSSI tersebut menjadi cawapres," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan dalam keterangan pers, Jumat (14/7).

Sedangkan, sebanyak 21,3% masyarakat perkotaan mendukung Erick menjadi cawapres di Pilpres 2024 mendatang.

Angka dukungan ini diterangkan oleh LSI dalam laporan surveinya mengungguli dukungan terhadap Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil sebagai cawapres.

Survei LSI, Erick Thohir Ungguli Ridwan Kamil 

LSI dalam laporan surveinya mengungkapkan Erick sedikit lebih unggul atas Ridwan Kamil di kelompok perdesaan dan perkotaan.

Seperti diketahui, Ridwan Kamil merupakan cawapres yang berada di posisi nomor dua dalam survei cawapres LSI. Ia terekam memiliki elektabilitas sebesar 19,6% dan berada di belakang Erick Thohir.

Dalam pilihan cawapres menurut sosio demografi masyarakat pedesaan dan perkotaan, Ridwan Kamil juga berada di belakang Erick Thohir. Kader Golkar ini mendapatkan dukungan dari masyarakat pedesaan sebesar 14,1%.

Baca juga: Jabatan Ganjar dan RK Selesai 2023, Presiden Sampaikan Ada Seleksi

Kemudian, di masyarakat perkotaan Ridwan Kamil mendapatkan dukungan sebesar 19,0%. Dengan ini Erick terekam mengungguli Ridwan Kamil dalam penyebaraan dukungan masyarakat di wilayah pedesaan dan perkotaan.

Perlu diketahui, survei terbaru LSI dilakukan pada 1-8 Juli 2023 dengan pemilihan sampel survei melalui metode random digit dialing (RDD).

Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1.242 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Baca juga: Golkar Ogah Berandai-andai Ridwan Kamil Jadi Cawapres Ganjar

Margin of error survei diperkirakan ±2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling.

Target populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone, sekitar 83% dari total populasi nasional. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat