visitaaponce.com

Pengamat Manuver Budiman Sudjatmiko Indikasi Pecahnya Internal PDIP

Pengamat: Manuver Budiman Sudjatmiko Indikasi Pecahnya Internal PDIP
Budiman Sudjatmiko kunjungi kediaman Prabowo Subianto di Kertanegara, Rabu, (19/7).(Antara)

PERTEMUAN politikus PDIP Budiman Sudjatmiko dengan Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus bakal calon presiden (capres), Prabowo Subianto, dinilai mengindikasikan pecahnya barisan internal PDIP. Padahal, partai politik (parpol) berlogo kepala banteng bermoncong putih itu telah menyatakan mengusung bakal capres Ganjar Pranowo.

"Mengindikasikan kian terpecahnya barisan internal PDIP yang tengah mengusung Ganjar Pranowo," kata Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic), A Khoirul Umam, melalui keterangan tertulis, Kamis, (20/7).

Manuver Budiman itu disorot karena juga menyatakan pentingnya pemimpin militer, senior, dan berpengalaman menghadapi ketidakpastian global. Hal itu makin menyiratkan dukungan politiknya kepada Prabowo.

Baca juga: Temui Prabowo, Budiman Sudjatmiko Dianggap Melawan PDI Perjuangan

"Manuver Budiman kali ini tampaknya betul-betul di luar kontrol PDIP," ucap Umam.

Umam menuturkan langkah itu dia lakukan sebagai reaksi atas upaya pihak-pihak tertentu di internal PDIP yang mencoba meminggirkan perannya di PDIP. Hal itu diindikasikan oleh tidak diberikannya posisi pencalegan yang layak bagi Budiman, dan dirinya juga tidak dilibatkan dalam tim pemenangan pencapresan Ganjar.

Baca juga: Dukung Prabowo, Budiman Sudjatmiko Dipanggil PDI Perjuangan

"Karena itu, Budiman merasa tidak punya beban dan memilih untuk menjadi 'partikel bebas' yang seolah tidak ingin didikte oleh aturan organisasi konstitusi partai PDIP," ujar Umam.

Budiman Sudjatmiko memberikan sinyal mendukung pencalonan Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal itu tampak dari pernyataan Budiman usai menemui Prabowo secara tertutup. Budiman menilai Prabowo layak memimpin Indonesia.

"Kapal Indonesia harus dikayuh oleh orang yang paham strategi, paham geopolitik, paham sejarah," kata Budiman dalam konferensi pers di Rumah Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa malam, 18 Juli 2023.

(MGN/Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat