visitaaponce.com

Anies Ingin Pertumbuhan Ekonomi Terasa di Masyarakat

Anies Ingin Pertumbuhan Ekonomi Terasa di Masyarakat
Calon Presiden Partai NasDem Anies Rasyid Baswedan(MI/Moh Irfan )

PERTUMBUHAN ekonomi di Indonesia diharapkan dapat dirasakan tidak hanya bagi sekelompok masyarakat, namun lebih merata ke masyarakat luas. Aspek pemerataan ekonomi tersebut merupakan salah satu ciri dari pertumbuhan ekonomi yang berkualitas.

Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan menilai pemerataan distribusi ekonomi ini menjadi salah satu aspek penting bagi perkembangan Indonesia.

"Jangan sampai angka pertumbuhan ekonomi tinggi, tapi rumah tangga masyarakat tidak merasakan pertumbuhan ekonomi," ungkap Anies, Kamis (20/7).

Baca juga: AHY Bocorkan Cawapres untuk Anies Sudah Final

Oleh sebab itu penting dilakukannya pencatatan pertumbuhan ekonomi bukan hanya pada skala nasional, melainkan juga regional. Angka pertumbuhan ekonomi memang merefleksikan kuantitas pertumbuhan sebuah bangsa, namun kualitasnya dilihat dari seberapa jauh distribusi di seluruh wilayah negara.

"Semakin tinggi distribusi ekonomi, semakin baik kualitas pertumbuhan ekonominya. Bila pertumbuhan tinggi, tanpa distribusi yang tinggi, kualitasnya rendah,” ujar Anies.

Baca juga: AHY Singgung Cawapres Anies dan Pembegalan Demokrat

Sebagaimana diketahui Badan Pusat Statistik mencatat adanya ketimpangan ekonomi dengan skala gini ratio yang mencapai 0,388 Per Maret 2023. Angka ini cenderung meningkat dibandingkan 0,381 pada September 2022. Di sisi lain tingkat pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) Indonesia terus mencatatkan pertumbuhan di kisaran 5 persen.

Berdasarkan daerahnya BPS mencatatkan untuk daerah perkotaan sebesar 0,409. Ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 0,007 dibandingkan September 2022 sebesar 0,402. Sedangkan untuk wilayah pedesaan Maret 2023 tercatat sebesar 0,313 atau konstan seperti pada September 2022. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat