visitaaponce.com

Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Erick Thohir Dinilai Punya Makna Politik

Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Erick Thohir Dinilai Punya Makna Politik
Presiden Jokowi berbincang dengan Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri).(ANTARA/DHEMAS REVIYANTO)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir beberapa waktu lalu. Pertemuan itu dinilai tak sekadar membahas pekerjaan.

"Ini mempunyai arti politik, bisa saja akan disatukan Jokowi sebagai king maker," kata Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies Jerry Massie, Minggu (23/7).

Jerry mengatakan Jokowi bisa jadi melihat progres koalisi Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang mandek. Sehingga Jokowi mempertemukan Prabowo dengan Erick untuk membicarakan potensi berpasangan di pemilihan presiden (pilpres).

"Tapi di satu sisi, setengah kaki Jokowi ke Ganjar (Pranowo). Buktinya baju hitam-putih bergaris ini bagian dari Jokowi," papar dia.

Baca juga: Muchdi PR dan Beringin Karya Dukung Prabowo Subianto

Sementara itu, Jerry menilai Prabowo masih terus menakar peluang kemenangan bila berpasangan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Segala kelebihan dan kekurangan skenario itu belum menemukan hasil sehingga nasib KKIR tengah mengambang.

"Gaya politik bunglon PKB perlu dilihat Prabowo, tapi di sisi lain tidak meremehkan strategi Cak Imin yang berperan penting mewakili kelompok NU (Nahdlatul Ulama)," ucap dia.

Baca juga: 

Sebelumnya, Jokowi mengundang Prabowo dan Erick makan bersama di Istana Bogor, Jawa Barat. Pertemuan itu digelar pada Minggu (16/7).

Pertemuan tersebut dinformasikan oleh Prabowo melalui Instagram. Ia menggunggah foto dirinya, bersama Presiden dan Erick tengah asik bercengkerama.

"Saya dan Pak Erick Thohir menerima arahan dari Presiden Jokowi," tulis keterangan foto pertemuan tersebut, yang diunggah Prabowo pada Selasa (18/7). (Medcom/Z-6))

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat