visitaaponce.com

Anies Dinilai Patut Waspadai Manuver Ganjar dan Prabowo

Anies Dinilai Patut Waspadai Manuver Ganjar dan Prabowo
Tiga Bakal calon presiden Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan(Antara)

CALON presiden dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) Prabowo Subianto dan PDI Perjuangan Ganjar Pranowo dinilai akan berebut suara dari ceruk yang sama. Kondisi ini menurut Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah Putra bisa saja menguntungkan capres KKP Anies Baswedan walau tidak banyak. Sebab sekalipun tidak ada pertarungan tersebut Anies tetap menghadapi pihak-pihak pendukung Joko Widodo

"Artinya mau menghadapi keduanya sama saja. Yang justru dirugikan adalah salah satu Prabowo atau Ganjar, dan sekarang yang terlihat dirugikan karena Jokowi kader PDIP tapi justru condong ke Gerindra yang bukan partainya," ujarnya, Kamis (3/8).

Anies menurutnya diuntungkan dalam aspek soliditas yang artinya Ganjar dan Prabowo tidak melirik suara Anies tapi bertarung pada kelompoknya sendiri karena mengira Jokowi punya cukup taji padahal tidak terlalu kuat.

Baca juga: KKIR dan PDIP Dinilai Saling Mengunci

"Dalam catatan kami hanya 17% publik akan memilih berdasarkan preferensi arahan Jokowi atau dipilih Jokowi. Mungkin dari sisi ini anies diuntungkan dalam arti bahwa ceruk suara Anies tidak diganggu oleh Ganjar dan Prabowo," ujarnya.

Namun mantan gubernur DKI Jakarta tersebut tetap harus berhati-hati sebab bukan tidak mungkin dalam situasi ke depan Anies akan kesulitan hadapi manuver Ganjar dan Prabowo. Salah satu yang sudah terlihat yakni pernyataan Ganjar terkait tidak semua program Joko Widodo akan dilanjutkan.

Baca juga: PDIP tidak Kaget dengan Sinyal Perubahan Sikap Politik PSI

"Cukup mengejutkan pernyataan ini dan juga jadi penanda bahwa Ganjar mulai melirik suara pro Anies atau kelompok yang sejak awal menginginkan perubahan, situasi era Jokowi yang buruk," cetusnya.

Dedi mengungkapkan Ganjar mencoba menyeberang pada hal atau program Joko Widodo yang juga tidak sepenuhnya dia setujui. Tapi pernyataan untuk menarik perhatian suara pro Anies sudah terlambat sebab publik sudah sangat lekat dengan Anies.

"Jadi satu sisi Anies diuntungkan kawasan peperangan politik ini belum dapat gangguan dari Ganjar dan Prabowo tapi yang harus diwaspadai adalah kejenuhan pertarungan Prabowo dan Ganjar melebar sehingga Anies akan terdampak salah satunya isu yang dibawa Anies akan dibawa Ganjar atau pun Prabowo," paparnya. (Sru/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat