visitaaponce.com

Presiden Pastikan Terus Kembangkan Food Estate Meski Dikritik PDIP

Presiden Pastikan Terus Kembangkan Food Estate Meski Dikritik PDIP
Presiden Jokowi di area lumbung pangan nasional atau food estate di Gresik, Jawa Timur.(Antara)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) telah menganggarkan Rp108,8 triliun untuk transformasi ekonomi di bidang ketahanan pangan. Salah satunya untuk mengembangkan program food estate atau lumbung pangan.

"Pengembangan kawasan food estate, serta penguatan cadangan pangan nasional," ujar Presiden Jokowi dalam Pidato Penyampaian RUU APBN 2024 dan Nota Keuangan di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Rabu, 16 Agustus 2023. 

Selain itu, anggaran tersebut diprioritaskan untuk peningkatan ketersediaan, akses, dan stabilisasi harga pangan. Kemudian memperkuat kelembagaan petani.

Baca juga: Presiden: Transfer ke Daerah Harus Beri Manfaat Nyata

"Rehabilitasi infrastruktur pangan, serta perlindungan usaha tani," jelasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengkritik proyek food estate yang digarap Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Proyek itu dinilai mangkrak dan diduga disalahgunakan.

Ia juga menyebut proyek itu sebagai kejahatan lingkungan. Menurut dia proyek itu kini hanya berdampak pada penebangan hutan yang tak menghasilkan.

Baca juga: Jokowi Pangkas Target Lifting Minyak dan Gas di 2024

"Dalam praktik pada kebijakan itu ternyata disalahgunakan dan kemudian hutan-hutan justru ditebang habis, dan food estate-nya tidak terbangun dengan baik. Itu merupakan bagian dari suatu kejahatan terhadap lingkungan," kata Hasto di Bogor, Selasa, 16 Agustus 2023

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat