visitaaponce.com

Survei Tunjukkan Prabowo Kantongi Dukungan Berbagai Etnis di Indonesia

Survei Tunjukkan Prabowo Kantongi Dukungan Berbagai Etnis di Indonesia
Ilustrasi(MI/ Duta )

SURVEI terbaru Indikator Politik Indonesia menunjukkan calon presiden (capres) Prabowo Subianto sukses meraup dukungan tertinggi dari berbagai etnis di Indonesia. Dukungan kepada Menteri Pertahanan RI tersebut datang dari etnis Madura, Sunda, Bugis hingga Melayu, jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengungkapkan Prabowo mengantongi keunggulan yang signifikan dari keempat etnis tersebut. Menurutnya, hal itu bisa menjadi sebuah keuntungan menteri andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi tersebut jelang kontestasi demokrasi mendatang.

“Basis Prabowo Subianto lebih menonjol pada kelompok etnis Madura, Sunda, Bugis dan Melayu,” kata Burhanuddin.

Baca juga: Sikap Politik Golkar Diklaim sudah Final

Bila dirinci lebih jauh, Prabowo terbukti kokoh di antara kandidat capres yang lain pada keempat etnis tersebut. Dari kelompok etnis Madura, Prabowo berhasil mendapatkan dukungan paling tinggi yakni sebesar 53,7 persen.

Angka itu lebih tinggi dibandingkan yang didapat capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan dengan 25,0 persen dan capres PDIP, Ganjar Pranowo dengan 13,7 persen. Kemudian, dari klaster pemilih dengan etnis Sunda, Prabowo berhasil mengantongi dukungan sebanyak 47,9 persen.

Baca juga: Survei Indikator Politik: Elektabilitas Ganjar 35,2 Persen, Prabowo 33,2 Persen 

Diikuti dengan Anies yang mengantongi 28,8 persen dan Ganjar yang hanya meraup dukungan sebesar 20,2 persen. Lalu, pada pemilih yang berasal dari etnis Bugis, Prabowo sukses mengantongi mayoritas dukungan dengan total suara berjumlah 42,4 persen, diikuti dengan raihan dukungan suara dari Anies yang mendapatkan dukungan 38,1 persen dan Ganjar 8,3 persen.

Selanjutnya, pada pemilih di etnis Melayu, Prabowo kembali menunjukkan dominasinya. Ketum Gerindra itu berhasil mengantongi dukungan sebesar 41,5 persen. Dukungan itu lebih besar dibandingkan yang didapat oleh Anies dengan 36,2 persen dan Ganjar yang hanya mampu mendulang suara sebesar 13,4 persen.

Kendati demikian, meskipun unggul di banyak sisi, Burhanuddin mengaku, ada sedikit penurunan yang terjadi pada elektabilitas Prabowo di bulan Juli. Namun, hal itu lantas tak terlalu mempengaruhi daya elektoral Prabowo jika dilakukan simulasi secara head to head.

“Kalau kita lihat trennya, meskipun unggul signifikan, keunggulan Pak Prabowo di bulan Juli sedikit menurun. Di bulan Juni, waktu itu keunggulannya sekitar 9 persen-an,” ujar Burhanuddin. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat