visitaaponce.com

TPNPB-OPM Kembali Tembak Mati Satu Anggota TNI di Yahukimo

TPNPB-OPM Kembali Tembak Mati Satu Anggota TNI di Yahukimo
Seorang anggota TNI tewas setelah kontak tembak dengan TPNPB-OPM di Yahukimo.(Freepik)

AKSI kelompok separatis Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB)-OPM kembali memakan korban. Pasukan TPNPB Kodap III Ndugama Derakma mengklaim berhasil menembak mati satu anggota TNI dan melukai empat anggota TNI lainnya di Yahukimo, Papua Pegunungan, Senin.

“Penembakan anggota TNI ini dilakukan pasukan di bawah pimpinan Anis Baye,” kata Jubir TPNPB-OPM Sebby Sambom dalam keterangannya, Selasa (22/8).

Sebby menjelaskan, aksi tembak menembak terhadap 5 anggota TNI tersebut dilakukan pada pukul 16.00 di Pos Baru, jalan pengungsi Yahukimo. “Dari pasukan TPNPB tidak ada yang jadi korban,” kata Sebby sambil menunjukkan gambar korban penembakan.

Baca juga: Ahmad Sahroni Kecam Aksi KKB Tewaskan Tiga Warga Sipil

Menurut Sebby, aksi penembakan ini merupakan yang kesekian kali dalam beberapa pekan terakhir. Berdasarkan catatan, pasukan TPNPB Kodap III di bawah pimpinan Egianus Kogeya melakukan pembunuhan pada 16 Agustus 2023 di Nduga. Selain itu, Pasukan TPNPB di bawah pimpinan Undius Kogeya melakukan penembakan di Intan Jaya sepanjang 14-17 Agustus 2023.

Dalam kesempatan terpisah Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri mengakui adanya penembakan tersebut. Korban penembakan bernama Pratu Agung Pramudi Laksono dan meninggal saat hendak dibawa ke rumah sakit. "Korban dilaporkan meninggal dalam perjalanan ke RSUD Dekai,” jelasnya. 

Baca juga: Anies Sebut Perlu Penegakan Keadilan untuk Hentikan Konflik Bersenjata di Papua

Sebelumnya, Dandim 1715/Yahukimo Letkol Inf Tommy Yudistyo menegaskan tidak ada warga di Dekai yang mengungsi usai kontak tembak antara KKB dengan anggota Satgas Pamtas Mobile Yon 7 Marinir TNI-AL yang menewaskan Pratu Agung Pramudi Laksono, 27.

"Masyarakat diminta tenang, patroli gabungan digalakkan demi memberikan rasa aman, " kata Letkol Inf Tommy, Senin (21/8) malam.

 Baku tembak antara anggota Satgas Yonif 7/Marinir dengan KKB terjadi Senin (21/8) sekitar pukul 11.10 WIT. Diduga penyebab kontak tembak karena KKB Kodap XVI Yahukimo tidak senang
dengan adanya pembangunan Pos Satgas TNI-Polri di wilayah Kabupaten Yahukimo. (Ant/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat