visitaaponce.com

Megawati Ingin KPK Dibubarkan, Presiden Lembaga dan Sistemnya Sudah Bagus

Megawati Ingin KPK Dibubarkan, Presiden: Lembaga dan Sistemnya Sudah Bagus    
Meski ada kelemahan, Presiden menilai KPK sudah menjadi lembaga dan memiliki sistem yang bagus.(Antara)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah bekerja dengan bagus. Hal ini menanggapi permintaan Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri yang ingin KPK dibubarkan.

"Lembaganya sudah bagus. Sistemnya sudah bagus," ujar Presiden Jokowi disela-sela kunjungan kerja ke Pasar Brahrang, Binjai, Sumatra Utara, Jumat (25/8).

Presiden menilai kinerja KPK dapat diukur salah satunya dengan operasi tangkap tangan (OTT). Jokowi menyebut KPK hampir tiap bulan melakukan OTT. 

Baca juga: Kritik Novel soal KPK Dinilai Jadi Masukan bagi DPR

Meski begitu, Presiden menilai semua lembaga memiliki kekurangan, termausk KPK. "Saya kira semua lembaga ada kurangnya," ujar Jokowi. 

Presiden berjanji bakal mengevaluasi kinerja KPK. Namun, ia tidak menjelaskan secara rinci rencana untuk memperbaiki lembaga antirasuah itu. "Mesti ada yang perlu dievaluasi," jelasnya. 

Baca juga: Akui Prestasinya Merosot, KPK: Kami Tidak Mungkin Berantas Korupsi Sendiri

Sebelumnya, Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri meminta KPK dibubarkan. Megawati menyampaikan ide ini kepada Presiden Jokowi.

"Saya sampai kadang-kadang bilang sama Pak Jokowi, sudah deh bubarin saja KPK itu Pak, jadi menurut saya enggak efektif," kata Megawati dalam Acara BPIP di Jakarta Selatan, Senin, 21 Agustus 2023.

Megawati mengungkap respons Jokowi. Ia menyebut Jokowi hanya menanggapi dingin terkait ide dari Megawati. "Ibu nek kalau ngomong ces pleng," kata Megawati menirukan percakapan dengan Jokowi. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat