visitaaponce.com

Pengamat Menilai Sejumlah Isu Landasi Pertemuan Anies dan KPP di Cikeas

Pengamat Menilai Sejumlah Isu Landasi Pertemuan Anies dan KPP di Cikeas
Anies Baswedan bertemu SBY di Cikeas(Antara)

PENGAMAT Universitas Al Azhar Indonesia Politik Ujang Komarudin menyebut pertemuan Anies Baswedan dengan para ketum partai Koalisi Perubahan untuk Persatuan menandakan koalisi tersebut masih berjalan.

Meski demikian, Ujang menilai pertemuan kemarin dilandasi oleh sejumlah isu yang berdampak pada internal Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

“Saya melihatnya dilatarbelakangi oleh berbagai macam isu,” ujar Ujang, Sabtu (26/8).

Baca juga: PKS Sampaikan Kriteria Cawapres yang Bisa Dipilih Anies

Ujang mengungkapkan isu pertama yang menjadi perhatian adalah lambannya pengumuman sosok cawapres pendamping Anies Baswedan. Dirinya menilai hal ini mengakibatkan kecurigaan bagi partai pengusungnya.

“Terutama tentu isu-isu soal belum adanya bakal cawapres dari Anies ini artinya belum mengumumkan (Cawapres) hingga detik ini membuat partai-partai di internal koalisi perubahan saling curiga,” jelasnya.

Baca juga: Anies Sebut Arahan 3 Tokoh Penting Partai Pendukungnya Sama

Selain itu, Ujang menyebut wacana duet Ganjar-Anies turut menjadi latarbelakang pertemuan kemarin. Ia mengungkapkan maraknya wacana tersebut membuat Anies harus meyakinkan para ketum dan SBY bahwa sosok cawapres telah siap.

Ujang menyebut dengan sejumlah persoalan tersebut menjadi langkah Anies untuk merapatkan barisan pengusungnya.

“Kemudian Anies yang akan dipasangkan dengan Ganjar tentu untuk menjaga soliditas dan menjaga persatuan penjaga kebersamaan di koalisi perubahan. Suka tidak suka Anies harus bertemu dan meyakinkan ketiga ketua umum partai pengusungnya untuk merapatkan barisan termasuk menemui SBY,” ungkapnya.

“Meyakinkan SBY bahwa kelihatannya bakal cawapresnya sudah siap dan mungkin menunggu waktu yang tepat untuk diumumkan,” tutupnya.



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat