visitaaponce.com

KKIR Jadi Koalisi Indonesia Maju, Cak Imin Saya Lapor Partai Dulu

KKIR Jadi Koalisi Indonesia Maju, Cak Imin: Saya Lapor Partai Dulu
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar(Antara)

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengaku akan melapor ke partai terkait perubahan nama koalisi pendukung Bakal calon presiden Prabowo Subianto. Semula, koalisi tersebut bernama Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) kemudian berubah menjadi Koalisi Indonesia Maju.

Pergantian nama itu diumumkan langsung oleh Prabowo dalam rangkaian peringatan HUT Ke-25 PAN di Jakarta, Senin (28/8) malam .

"Ya saya baru tahu tadi sama Pak Prabowo bahwa koalisinya jadi Koalisi Indonesia Maju. Tentu saya akan lapor ke partai bahwa perkembangannya sudah berubah. Berarti KKIR dibubarkan dong? Nah saya tidak tahu. Saya akan melapor ke partai dulu," kata Muhaimin selepas acara tersebut.

Baca juga: Prabowo Peluk Erat Cak Imin, Zulhas: Jangan Sampai Lepas Lagi

KKIR awalnya dibentuk oleh dua partai saja yaitu Partai Gerindra dan PKB. Pembentukan koalisi itu ditandai dengan penandatanganan Piagam Sentul, pada 13 Agustus 2022. 

Salah satu poin dalam perjanjian itu adalah nama bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden ditentukan oleh Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Baca juga: PKB Minta Golkar dan PAN Manut Piagam Sentul tentang Penentuan Cawapres

Kemudian, dalam perkembangannya, PAN dan Golkar bergabung dan ikut mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden. 

Terkait kelanjutan Piagam Sentul, Muhaimin belum dapat memberikan komentar. "Karena saya juga baru tahu, jadi harus melapor dulu," ucap pria yang akrab disapa Cak Imin itu.

Dia mengatakan dirinya tidak mempunyai hak untuk setuju atau tidak setuju atas pergantian nama tersebut. Terlepas dari itu, Muhaimin menyampaikan dia berkewajiban menjelaskan perubahan tersebut kepada partainya, termasuk terkait kelanjutan Piagam Sentul.

"Yang penting saya harus mempertanggungjawabkan ke partai saya," tandasnya.

Prabowo saat mengumumkan nama Koalisi Indonesia Maju mengaku telah berembuk bersama ketua-ketua partai anggota koalisi, yaitu Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

"Tadi kami berembuk, para ketua umum tadi berembuk walaupun sebentar, ya Pak Zul, Pak Airlangga, Gus (Muhaimin Iskandar), dan Pak Profesor (Yusril Ihza Mahendra), kami sepakat, koalisi kita, kita beri nama, Koalisi Indonesia Maju," ujar Prabowo yang disambut riuh tepuk tangan peserta acara dan para ketua umum partai. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat