visitaaponce.com

Momen Anies Tampilkan Konoha dan Wakanda Saat Singgung Kebebasan Berpendapat

Momen Anies Tampilkan Konoha dan Wakanda Saat Singgung Kebebasan Berpendapat
Anies memberikan kuliah kebangsaan di FISIP UI.(Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez )

MANTAN Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menampilkan visual negeri Konoha dan Wakanda saat menyampaikan Kuliah Kebangsaan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI). Negeri Konoha dan Wakanda kerap diumpamakan netizen ketika menyampaikan kritik terkait persoalan negara.

"Kita menyaksikan kalau di sosial media, banyak sekali yang menulis itu sebutnya Konoha, Wakanda gitu, apa artinya? Ini menunjukkan ada self censorship," kata Anies di Balai Serbaguna Purnomo Prawiro UI, Depok, Jawa Barat, Selasa (29/8).

Anies menilai kondisi tersebut mengindikasikan proses demokrasi bermasalah. Ada ketakutan di masyarakat untuk berekspresi atau menyampaikan aspirasi.

Baca juga: Anies Hadiri Kuliah Kebangsaan di FISIP UI

"Demokrasi itu adalah nilai-nilai yang tumbuh di dalam masyarakat, dimana aspirasi bisa diproses melalui proses politik tanpa ada rasa takut, tanpa ada tekanan, dan kemudian nantinya akan menjadi keputusan-keputusan yang dilaksanakan semuanya dalam kedamaian," ujar Anies.

Terhadap hal tersebut, bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) itu menuturkan pentingnya meningkatkan kualitas demokrasi. Anies menekanan demokrasi mestinya mengakomodir setiap ide dan gagasan serta memiliki andil dalam proses politik.

Baca juga: Kampus Disebut Lahan Subur bagi Anies

"Kita membutuhkan demokrasi yang deliver, demokrasi dimana ide gagasan menjadi yang terdepan di dalam proses politik, dan kebijakan itu menjadi output yang dituju oleh semua, kebijakan untuk kesejahteraan," jelas Anies.

Kuliah Kebangsaan FISIP UI bertajuk 'Hendak Kemana Indonesia Kita? Gagasan, Pengalaman, dan Rancangan para Pemimpin Masa Depan'. Rencananya tak hanya Anies, bakal capres lainnya Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto juga akan memberikan kuliah kebangsaan. Anies mengawali rangkaian kegiatan ini. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat