visitaaponce.com

Anies Sebut Konglomerat Takut Mendukungnya, Sering Diperiksa Pajak

Anies Sebut Konglomerat Takut Mendukungnya, Sering Diperiksa Pajak
Bakal Calon Presiden (Bacapres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan.(MI/Susanto)

BAKAL calon presiden (capres) 2024, Anies Baswedan, mengungkap tak ada pengusaha besar yang mendekatinya untuk membantu menyukseskan agenda perubahan. Termasuk menyukseskan dirinya pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Ia mengatakan para konglomerat umumnya takut pajak perusahaannya diusik jika mendukungnya.

"Buat catatan, yang membantu ukuran yang menengah, yang besar-besar enggak ada yang berani mendekati semua yang besar-besar itu tidak ada yang dekat, yang mendekati yang tengah-tengah ini semua takut," kata Anies dalam program Mata Najwa on Stage dengan tema 3 Bacapres Bicara Gagasan di Universitas Gadjah Mada (UGM), Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa, 19 September 2023.

Saat Anies ditanya kenapa tak ada konglomerat yang mendekatinya, ia menilai mestinya ditanyakan kepada para pengusaha besar itu. Namun, Anies berpendapat bahwa mereka takut.

Baca juga: Anies: Pemerintah Lakukan Pemborosan Energi selama Bertahun-tahun

"Takut," ucap Anies.

Menurut Anies, ketika para pengusaha yang mendekati untuk membantunya, ada dampak yang mereka terima. Misalnya, pajak perusahaannya diperiksa.

Baca juga: Timnas AMIN akan Diisi Sosok Penting bak The Avengers dalam Film

"Karena kami mengalami pengusaha-pengusaha yang berinteraksi bertemu sesudah itu mereka akan mengalami pemeriksaan, pemeriksaan pajak pemeriksaan, pemeriksaan yang lain-lain dan ada contoh di Jawa Barat, Jawa Tengah membantu, setelah selesai, katanya 10 perusahaan miliknya semuanya diperiksa pajak ya. Apa yang terjadi? Takut orang membantu," ucap Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan para pengusaha itu sejatinya bukan membantunya secara utuh tetapi relawan. Khususnya membantu di wilayah masing-masing bukan terpusat.

"Padahal yang mereka kerjakan bukan membantu saya, mereka membantu relawan membantu kegiatan untuk ada event mereka membiayai semua di daerahnya masing-masing, bukan tempat kita," ujar Anies.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat