visitaaponce.com

Deretan Kinerja Buat Erick Thohir Peroleh Keuntungan Elektoral Jokowi

Deretan Kinerja Buat Erick Thohir Peroleh Keuntungan Elektoral Jokowi
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Mensesneg Pratikno dan Dirut Perum Bulog Budi Waseso mengecek kondisi beras(ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan )

MENTERI BUMN Erick Thohir dikenal sebagai menteri berprestasi yang dimiliki oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabinet Indonesia Maju (KIM). Predikat sebagai menteri berprestasi itu membuat Erick Thohir mendapatkan insentif elektoral dari Jokowi.

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby mengatakan para menteri yang berkinerja baik pasti akan dinilai masyarakat secara bagus. Tak terkecuali Erick Thohir yang selama ini berhasil mentransformasikan BUMN menjadi lebih bagus.

“Orang-orang yang berkontribusi dalam pemerintahan Pak Jokowi itu mendapatkan insentif elektoral,” kata Adjie dalam keterangannya, Kamis (6/10).

Baca juga: Pengamat: Bersih-Bersih Dapen, Langkah Bernyali di Tahun Politik

Dalam berbagai survei, elektabilitas Erick Thohir memang selalu berada di posisi pertama dan mengalahkan nama-nama tenar lainnya. Misalnya pada temuan Lembaga Survei Indonesia (LSI) bulan Agustus memperlihatkan elektabilitas Erick Thohir berada di angka 15,9 persen.

Hasil serupa juga ditunjukkan Polling Institute periode Agustus yang menempatkan nama Erick Thohir di posisi pertama dengan torehan hasil 15,1 persen pada simulasi 19 nama. Nama menteri andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi ini tetap berada di posisi pertama dalam simulasi lima nama Polling Institute dengan 24,5 persen.

Baca juga: Terpilih Lagi, Erick Thohir Jabat Ketua Umum MES Periode 2023-2028

Berkat kinerjanya yang mentereng, membuat Erick Thohir menjadi sangat dipercaya oleh Jokowi dalam menangani berbagai hal. Mulai dari Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19, Tim Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) hingga utusan Indonesia agar terhindar dari sanksi berat FIFA.

Bahkan, dalam urusan personal Erick Thohir mengemban tugas menjadi ketua panitia pernikahan anak ketiga Jokowi yakni Kaesang Pangarep. Hal tersebut dinilai sebagai bentuk kepercayaan tertinggi Jokowi kepada Erick Thohir.

“Kedekatan beliau dengan Pak Jokowi kemudian di ruang publik beberapa kali urusan-urusan yang penting itu Pak Erick yang dipercaya mengurusi,” pungkas Adjie. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat