visitaaponce.com

Novel Baswedan Beri Jempol ke SYL Bongkar Dugaan Pemerasan KPK

Novel Baswedan Beri Jempol ke SYL Bongkar Dugaan Pemerasan KPK
Foto Ketua KPK Firli Bahuri bertemu dengan eks Mentan Syahrul Yasin Limpo viral.(Istimewa)

MANTAN penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan, mengapresiasi sikap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Syahrul telah berani mengungkap dugaan praktik pemerasan oleh pejabat KPK usai terseret kasus dugaan korupsi.

"Justru kita harusnya apresiasi SYL atas pilihan sikapnya yang berani ungkap kejahatan besar ini," kata Novel melalui keterangan tertulis, Sabtu, 7 Oktober 2023.

Novel menekankan pentingnya membongkar secara utuh dugaan pemerasan yang diduga dilakukan oleh Ketua KPK Firli Bahuri itu. Pihak yang terkait juga harus diproses.

"Oleh karena itu kasus ini harus segera dituntaskan dan pelakunya diberikan hukuman yang berat. Ganti Dewan Pengawas (Dewas) KPK, dan juga pimpinan KPK lain yang bermasalah," ujar Novel.

 

 

KPK harus profesional

Di sisi lain, Novel meyakini penyidik KPK bersikap profesional dalam mengusut dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Ia juga mendorong campur tangan negara untuk memperbaiki KPK supaya tak lagi kontroversial.

"Selanjutnya negara harus segera memperbaiki KPK dan mendorong pemberantasan korupsi kembali berjalan dengan jujur, objektif, dan profesional," ucap Novel.

Sebelumnya, beredar foto Syahrul duduk bersama Firli. Sementara, KPK tengah mengusut kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

Firli pun dilaporkan ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK buntut tersebarnya foto dirinya duduk bersama Syahrul. Namun, Firli membantah adanya penerimaan uang dari Syahrul.

"Tidak akan pernah ada hal-hal orang bertemu dengan saya, atau apalagi ada isu bahwa menerima sesuatu sejumlah 1 miliar dolar, itu saya baca. Saya pastikan itu tidak ada. Bawanya 1 miliar Dolar itu banyak, yang kedua, siapa yang ngasih 1 miliar dolar?" kata Firli dalam konferensi pers di Gedung KPK, Kamis, 5 Oktober 2023. (MGN/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat