visitaaponce.com

Peluang Prabowo-Gibran, Anies Kami Siap Tanpa Tanya Siapa Kompetitor

Peluang Prabowo-Gibran, Anies: Kami Siap Tanpa Tanya Siapa Kompetitor
Pasangan AMIN memulai rangkaian pendaftaran capres dan cawapres ke KPU dengan sowan ke ibundanya masing-masing(MI/Moh Irfan )

BAKAL calon presiden (capres) Anies Baswedan siap menghadapi siapapun kompetitor yang akan dihadapi di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal ini merespons peluang pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Kita siap mendaftar tanpa bertanya siapa yang akan menjadi kompetitor," kata Anies di kediamannya kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin, 16 Oktober 2023.

Anies mengatakan pentingnya mengedepankan membawa amanat untuk mencapai perubahan untuk keadilan. Hal ini sesuai jargon poros pasangan Anies dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (AMIN).

Baca juga: Anies Dapat Dukungan dari Generasi Muda Muhammadiyah

"Kenapa? Karena ini menurut kami tidak soal kompetisinya, ini soal membawa amanat rakyat soal perubahan untuk keadilan, perubahan untuk kita merasakan kesetaraan kesempatan," tegas Anies.

Sebelumnya, MK memutuskan mengabulkan sebagian gugatan soal batas usia minimal capres-cawapres nomor 90/PUU-XXI/2023 yang dimohonkan perseorangan mahasiswa atas nama Almas Tsaqibbirru. Putusan itu terkait syarat batasan usia capres-cawapres minimal 40 tahun atau sedang menjabat kepala daerah.

Baca juga: Anies Tanggapi Keputusan MK, Hormati dan Fokus pada Pendaftaran 19 Esok

Dalam kasus ini, pemohon mengajukan uji materiel Pasal 169 huruf q Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Pemohon mengaku kagum dengan Gibran Rakabuming Raka lantaran menjadi pejabat muda yang dinilai mampu membangun ekonomi daerah.

Pemohon meminta agar majelis hakim menyatakan Pasal 169 huruf q UU Pemilu bertentangan dengan Undang-Undang Dasar 1945 secara bersyarat dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat sepanjang tidak dimaknai dengan “Berusia paling rendah 40 tahun atau berpengalaman sebagai kepala daerah.” (MGN/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat