visitaaponce.com

Pengamat Dishub DKI Harus Bersihkan Parkir Liar di Jalur Sepeda

Pengamat: Dishub DKI Harus Bersihkan Parkir Liar di Jalur Sepeda
Stick cone yang rusak di jalur sepeda DKI Jakarta(MI/Ramdani )

PENGAMAT tata kota Nirwono Joga berpendapat Dinas Perhubungan DKI Jakarta harus membersihkan jalur sepeda dari gangguan agar para pesepeda bisa nyaman bermobilitas. Gangguan yang dimaksud adalah okupansi kendaraan bermotor yang menjadikan jalur sepeda menjadi lokasi parkir liar.

"Dishub DKI juga harus melakukan penertiban seluruh jalur sepeda digunakan tidak sesuai fungsinya seperti diokupasi parkir kendaraan bermotor," ungkapnya saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (19/10).

Sementara itu, ia menilai langkah Dishub DKI Jakarta untuk tidak menambah jalur sepeda sudah tepat. Ia menyarankan Dishub DKI melakukan evaluasi menyeluruh terhadap keberadaan jalur sepeda di DKI.

Baca juga: Jalur Sepeda di Jakarta Rusak karena Jadi Tempat Parkir Motor

"Lebih baik dievaluasi jalur-jalur sepeda yang sudah terbangun mana yang efektif atau tidak efektif, kenapa ramai atau sepi jalurnya, sehingga mendapatkan hasil bagaimana menjaga jalur yang sudah ramai dan bagaimana meramaikan jalur yang masih sepi," jelasnya.

Di sisi lain, apapun hasil evaluasi tersebut harus dijalankan. Apabila evaluasi menghendaki adanya penambahan jalur sepeda di titik tertentu agar bermanfaat bagi pesepeda aktif, hal itu harus dilakukan.

Baca juga: Tidak Ada Penambahan Jalur Sepeda pada 2024

"Hasil evaluasi tersebut akan menjadi masukan berharga jika nanti akan menambah/memperluas jalur sepeda baru yang sesuai dengan jalur pesepeda aktif tapi belum ada jalurnya, di tahun-tahun berikutnya, sehingga dapat memperkecil/menghindari kegagalan jalur sepeda yang terbangun tidak terpakai," imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan tidak ada program penambahan jalur sepeda tahun ini dan tahun depan. Sebaliknya, program yang dilakukan oleh Dishub DKI akan berfokus pada evaluasi jalur sepeda dan perawatan pada jalur sepeda yang ada. Sebab, ditemukan beberapa pembatas jalur sepeda rusak akibat ditabrak pengguna kendaraan bermotor. Selain itu, ada pula marka jalur yang sudah pudar. (Put/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat