visitaaponce.com

Peradi Jakbar Komit Pertahankan Wadah Tunggal Organisasi Profesi

Peradi Jakbar Komit Pertahankan Wadah Tunggal Organisasi Profesi
DPC Peradi Jakarta Barat menggelar Rapat Anggota Cabang (RAC) Tahun 2023 di Yogyakarta(Dok. DPC Peradi Jakarta Barat)

KETUA DPC Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Jakarta Barat, Suhendra Asido Hutabarat menegaskan pihaknya bertekad untuk mewujudkan Peradi sebagai wadah tunggal (single bar) organisasi profesi advokat di Indonesia.

Upaya mewujudkan Peradi sebagai single bar juga dibahas dalam Rapat Anggota Cabang (RAC) Peradi Jakarta Barat 2023. Kegiatan bertajuk Peran Organisasi Meningkatkan Kualitas Advokat Peradi Wadah Tunggal, itu dihelat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama tiga hari. Maklum, sejauh ini masih terjadi kontradiksi antara de jure dan de facto.

Menurut Asido, RAC sengaja digelar di Yogyakarta. Tujuannya untuk menjalin soliditas dengan DPC Peradi lainnya dalam memperjuangkan implementasi Peradi sebagai satu-satunya wadah tunggal organisasi profesi advokat sebagaimana perintah UU Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat.

“Pentingnya solidaritas antar-DPC Peradi di seluruh Indonesia untuk mempertahankan wadah tunggal organisasi advokat. Oleh karena itu, DPC Peradi Jakbar memutuskan untuk menyelenggarakan acara RAC di wilayah DI Yogyakarta,” kata Asido, Jumat (20/10).

Keputusan Rapat Pleno tersebut, terang dia, sebagai satu langkah dalam rangka bersinergi dan menjalin kebersamaan dengan DPC-DPC Peradi dalam semangat wadah tunggal Peradi.

Baca juga: Dakwaan Emirsyah Satar Dinilai Kabur

Ketua Harian DPN Peradi R Dwiyanto, mewakili Ketua Umum (Ketum) DPN Peradi Otto Hasibuan yang berhalangan hadir, menyampaikan kekagumannya kepada DPC Peradi Jakbar yang merupakan salah satu DPC Peradi terbesar dan paling aktif.

Dwi melihat ada 71 laporan kegiatan bermanfaat yang dilakukan DPC Peradi Jakbar dalam waktu setahun, yakni 2022–2023. Berbagai kegiatan tersebut, di antaranya kegiatan sosial, pendidikan lanjutan advokat, dan pendidikan khusus profesi advokat (PKPA).

Ketua Panitia RAC DPC Peradi Jakbar Fortuna Alvariza menjelaskan, selain rapat dan acara ramah tamah, rombongan peserta RAC DPC Jakbar juga melakukan tur bersama, seperti berkunjung ke Candi Prambanan serta Lost World Castle di Kaliurang.

RAC tersebut diikuti sebanyak 160 peserta yang terdiri dari anggota dan pengurus DPC Peradi Jakbar. Sejumlah perwakilan dari DPC-DPC Peradi di wilayah Yogyakarta ikut terlibat dalam berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kekompakan antaranggota dan pengurus DPC Peradi Jakbar serta DPC-DPC Peradi di wilayah Yogyakarta.

Selain Dwi, acara tersebut juga dihadiri tamu undangan lainnya, termasuk ketua-ketua DPC di wilayah Provinsi DIY, yakni Ketua DPC Peradi Yogyakarta, Ariyanto, Ketua DPC Peradi Sleman Hariyanto, Ketua DPC Peradi Bantul M Fadly, Ketua DPC Wates Detkri Badiron, dan Ketua DPC Peradi Wonosari H Kokok Sudan Sugijarto.

Fortuna menjelaskan, DPC Peradi Jakbar adalah salah satu DPC dari organisasi profesi advokat Peradi. Sebagai salah satu cabang Peradi di Indonesia, DPC Peradi Jakbar sudah berkiprah di berbagai bidang terkait dengan profesi advokat, serta memegang peranan penting dan konsisten mempertahankan dan memperjuangkan Peradi sebagai wadah tunggal (single bar) profesi advokat berdasarkan UU Advokat. (RO/J-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eksa

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat