visitaaponce.com

Anies Beberkan Upaya Nyata Ciptakan Kedamaian di Palestina

Anies Beberkan Upaya Nyata Ciptakan Kedamaian di Palestina
Bacapres Anies Rasyid Baswedan (ketiga kiri) bersama para petinggi Centre for Strategic and International Studies (CSIS)(MI/Susanto )

BAKAL calon presiden (capres) Anies Baswedan mengungkap upaya yang dapat dilakukan Indonesia dalam menciptakan kedamaian di Palestina. Indonesia, kata Anies, harus memberikan wujud nyata kedamaian terhadap generasi muda Palestina. 

Anies menyarankan pemerintah dapat mengajak sejumlah anak-anak Palestina dari kelompok Hamas dan Fatah ke Indonesia. Mereka akan melihat wajah kedamaian terpancar di Indonesia.

"Melihat bagaimana kita bisa bersatu, tenang, teduh, bawa pengalaman itu mereka pulang. terus panjang," ujar Anies dalam acara Pidato Calon Presiden Republik Indonesia: Arah dan Strategi Politik Luar Negeri, di CSIS Auditorium Gedung Pakarti Center, Jakarta Pusat, Rabu, 8 November 2023.

Baca juga: Anies Menilai Indonesia tak Memiliki Kemampuan Menyelesaikan Konflik Palestina-Israel

Anies menjelaskan pengalaman kedamaian yang tertanam di generasi muda Palestina akan berefek panjang. Mereka akan menjauhi potensi konflik.

Anies menekankan pendidikan kultural itu lebih baik ketimbang sikap pemerintah saat ini. Sebab, ia menilai Indonesia tidak memiliki kemampuan untuk terlibat langsung dalam mendamaikan konflik Palestina dengan Israel.

Baca juga: Prabowo soal Program Makan Siang: Kita Punya Modal, Harus Berani

"Jadi pro aktifnya (Indonesia) itu bukan hanya di level politik tapi di level pendidikan, pendidikan kultural. di sisi mana yang bisa kita reach out. Tujuannya membantu mempercepat terjadinya persatuan di situ," pungkasnya. (MGN/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat