visitaaponce.com

Saan Mustopa Peluang Anies-Cak Imin Tinggi Masuk Putaran Kedua

Saan Mustopa: Peluang Anies-Cak Imin Tinggi Masuk Putaran Kedua
Bakal capres dan cawapres Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.(MI/ Moh Irfan.)

KETUA DPW NasDem Jawa Barat Saat Mustopa menyatakan peluang calon presiden Anies Baswedan dan cawapres Muhaimin Iskandar membesar untuk masuk ke putaran kedua Pilpres 2024. Saan mengakui terkait posisi capres-cawapres dari simulasi tiga nama, pasangan Anies-Gus Imin masih belum beranjak dari posisi ketiga.

Namun, dari setiap survei yang diadakan, tren pasangan Amin terus mengalami kenaikan. "Kenaikan ini penting, karena kenaikan yang dilakukan Anies-Imin itu semakin memperpendek jarak dengan capres lain," tutur Saan saat menjadi pembicara dalam rilis survei Indikator, Minggu (12/11/2023).

"Kalau survei sebelumnya rentan dengan kedua calon presiden lain relatif jauh, sekarang ada tren yang naik. Ada tren yang turun dari capres Ganjar-Mahfud," ungkapnya.

Baca juga: Deklarasi Timnas Pemenangan AMIN, NasDem: Sebelum Penetapan Paslon

Saan menegaskan berdasarkan survei dari beberapa lembaga, belum ada satu pun capres-cawapres menyentuh angka 50% sebagai syarat untuk memenangi satu putaran Pilpres. Maka dari itu, Saan beranggapan dua putaran dalam Pilpres 2024 sangat besar kemungkinannya terjadi.

"Jika melihat putaran kedua sangat besar dan melihat survei saat ini, ini sekali lagi sentimennya positif buat Anies, karena kenaikan suara elektabilitas Prabowo juga diimbangi dengan larinya basis pemilih tradisional dari Prabowo yang lari ke Anies," terangnya.

Baca juga: Legislator NasDem Siap Kawal Program Anies Bangun Stadion di Sumut

Ia mencontohkan, belum lama ini di Jawa Barat, Prabowo memang unggul 46% dan Anies berada di posisi kedua dengan 27%. Namun fakta membuktikan bahwa elektabilitas Prabowo turun di Jabar. Sedangkan Anies kembali naik di Jabar. Artinya, Anies mendapatkan basis pemilih tradisional Prabowo.

"Jadi dari situ, peluang Anies masuk putaran kedua masih sangat besar potensinya. Potensinya sangat besar walaupun saat ini posisinya sekarang ketiga, karena trennya positif dari waktu ke waktu," ujar Saan. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat