visitaaponce.com

Pergulatan Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran Untungkan Anies-Cak Imin

Pergulatan Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran Untungkan Anies-Cak Imin 
Para peserta Pilpres 2024 berfoto bersama di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (14/11).(MI/USMAN ISKANDAR)

JIKA dibandingkan dengan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) dipandang lebih elegan dan bahkan mampu menarik simpat pemilih rasional.

"Saya melihat pasangan Amin malah paling aman melenggang mendulang dukungan dan suara di tengah kondisi pertarungan yang saat ini terjadi antara dua capres-cawapres Prabowo-Gibran vs Ganjar-Mahfud," kata pengamat politik Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Nur Hidayat Sardini kepada Media Indonesia Kamis (16/11).

Amin dipandang lebih leluasa dengan terus bergerak sendiri, karena mempunyai pendukung baik partai politik (parpol) maupun relawan yang tidak terganggu pasangan lainnya.

Sementara Prabowo-Gibran maupun Ganjar-Mahfud, bergulat untuk memperebutkan suara pendukung yang hampir sama. Mereka bahkan saling menjegal satu dan lainnya dengan berbagai isu yang berkembang dari masalah hukum hingga kecurangan.

Baca juga:

Ganjar-Mahfud Canangkan Digitalisasi Birokrasi untuk Indonesia Bebas KKN

Paguyuban Becak Motor Jawa Tengah Dukung Prabowo-Gibran

Nasdem Optimis Amin Mampu Menang Pilpres Satu atau Dua Putaran

"Ini sangat menguntungkan bagi Amin," tambah Nur Hidayat.

Melihat kondisi tersebut, sangat mungkin suara dukungan untuk Prabowo-Gibran maupun Ganjar-Mahfud justru akan beralih ke Amin. Pendukung yang rasional akan melihat bahwa Amin lebih simpatik, tenang, dan tidak terusik siapapun.

Amin sendiri dalam perjalanannya sangat mudah untuk menyampaikan
program-program dalam pencapresan dan akan lebih mudah diterima tanpa terusik oleh dua pesaing mereka.

"Amin terpinggirkan dalam persaingan tetapi justru dapat melangkah elegan berjalan dalam hiruk-pikuk pesta demokrasi ini," ujar Nur Hidayat. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat