visitaaponce.com

Para Kades Blak-blakan Dukung Prabowo Gibran adalah Kejahatan Demokrasi

Para Kades Blak-blakan Dukung Prabowo Gibran adalah Kejahatan Demokrasi
Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subiantod an Gibran Rakabuming Raka(AFP)

Peneliti senior ASA indonesia, Syamsuddin Alimsyah, menilai deklarasi dukungan yang dilakukan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) untuk pasangan Capres dan Cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka merupakan kejahatan demokrasi. Ia menegaskan bahwa dukungan dari para kades terhadap salah satu pasangan calon secara terbuka adalah pertanda buruk dalam demokrasi di Tanah Air.

“Fakta bahwa capresnya sudah mulai mempertontonkan ke publik cara bermain kotor, kecurangan di depan mata, menghalalkan segala cara untuk pemenangan,” ungkap Syamsuddin, Rabu (22/11).

Ironisnya, dukungan tersebut disambut baik oleh Gibran dengan menghadiri deklarasi tersebut.

Baca juga: TKN Senang Gibran semakin Populer karena Fitnah dan Kritik

“Baginya, hukum yang menghalangi nafsu untuk berkuasa kalau bisa diganti saja. Misalnya, syarat umur diuji MK. Bila sudah tak sempat, ya tabrak saja. Ini adalah cara kotor dan kejahatan demokrasi,” tegasnya.

Menurutnya, masalah pilpres saat ini bukan terletak pada masyarakat, melainkan pada paslon yang menghalalkan segala cara. Syamsuddin juga menyayangkan penyelenggara pemilu, terutama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), yang tidak nyali untuk menindak pasangan yang melakukan pelanggaran.

Baca juga: Mobilisasi Aparat Desa Dukung Pasangan Capres-Cawapres Dinilai Gerus Demokrasi

“Mereka hanya sibuk mengimbau. Bahkan, RT sampai dilarang berpolitik. Namun, gliran di depan matanya sendiri kades dimobilisasi malah buta,” tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat