visitaaponce.com

Presiden Jokowi Resmi Lantik Agus Subiyanto jadi Panglima TNI

Presiden Jokowi Resmi Lantik Agus Subiyanto jadi Panglima TNI
Pelantikan Panglima TNI Jenderal Agus Subianto oleh Presiden Joko Widodo(ANTARA/Andi Firdaus)

PRESIDEN Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Jenderal TNI Agus Subiyanto menjadi Panglima TNI. Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/11) pukul 8.30 WIB.

Pelantikan Agus Subiyanto dilakukan dengan berlandaskan pada Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 102/TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia.

“Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Presiden mendiktekan penggalan sumpah jabatan.

Baca juga: Besok, Jokowi Lantik Agus Subiyanto jadi Panglima TNI

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan penuh dengan rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” lanjut Presiden.

Dalam pelantikan itu sebagai saksi yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Selain itu, turut hadir Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Masekal Fadjar Prasetyo, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Laksamana Muhammad Ali, dan Panglima TNI sebelumnya Jenderal TNI Yudo Margono.

Baca juga: DPR akan Gelar Paripurna Pergantian Panglima TNI Besok

Jenderal Agus Subiyanto dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Dudung Abdurrahman yang pensiun pada 25 Oktober 2023. Kemudian menjadi satu-satunya calon tunggal Panglima TNI yang diusulkan oleh presiden.

Agus pernah menjabat sebagai Dandim 0735/Surakarta pada periode 2009-2011. Selain itu, Agus juga pernah menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres), Pangdam Siliwangi, dan Wakil Kepala KSAD sebelum dilantik menjadi KSAD.

Setelah pelantikan Panglima TNI Agus Subiyanto, Presiden Jokowi juga melantik Dewan Pimpinan Pusat Legium Veteran RI di Istana Negara, Rabu (22/11). (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat