visitaaponce.com

Densus 88 Tangkap 4 Tersangka Teroris di Riau

Densus 88 Tangkap 4 Tersangka Teroris di Riau
Ilustrasi(Freepik)

DETASEMEN Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap empat tersangka teroris di wilayah Riau. Juru Bicara Densus 88, Kombes Aswin Siregar membenarkan penangkapan ini.

"Betul. Empat orang (tersangka teroris ditangkap)," kata Aswin saat dikonfirmasi, Rabu, 22 November 2023.

Aswin belum merinci kronologi penangkapan. Begitu pula jaringan kelompok teror keempat tersangka tersebut. Termasuk barang bukti yang disita dalam penangkapan. "Nanti dari Humas Polri yang rilis ya," ujarnya.

Baca juga : Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Semarang

Densus gencar menangkap teroris menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Sebelumnya, Detasemen berlambang burung hantu itu menangkap dua tersangka di wilayah Sulawesi Tengah dan Jawa Tengah.

"Penangkapan tersangka tindak pidana terorisme. Satu orang (ditangkap di) Sulawesi Tengah dari jaringan Anshor Daulah. Dan satu orang di Jawa Tengah dari Jaringan Jamaah Islamiyah," kata Aswin saat dikonfirmasi, Kamis, 16 November 2023.

Baca juga : 59 Teroris Ditangkap Sepanjang Oktober, Jelang Pemilu 2024

Beberapa waktu lalu, Densus mengungkap data ada 104 pelaku tindak pidana terorisme ditangkap sepanjang 2023. Para pelaku teror ditangkap sebelum melancarkan aksi. Sehingga, tidak ada eskalasi kejadian teror dalam tiga tahun terakhir.

Jika ditambahkan dengan penangkapan dua orang tersangka di Sulawesi Tengah, Jawa Tengah, serta empat tersangka di Riau totalnya sudah 110 tersangka diringkus sepanjang 2023. Dari 104 tersangka teroris yang ditangkap sebelumnya, 42 di antaranya hendak menggagalkan Pemilu 2024.

Mereka merupakan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Puluhan tersangka teroris ini merupakan anak buah pria berinisial AU atau AO, pendukung Negara Islam Indonesia (NII). (MGN/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat