visitaaponce.com

Komitmen Anies Baswedan untuk Revisi UU ITE Dinilai Bisa Tingkatkan Elektabilitas

Komitmen Anies Baswedan untuk Revisi UU ITE Dinilai Bisa Tingkatkan Elektabilitas
Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mengenakan kaus Timnas Amin(MI/Usman Iskandar)

CALON presiden (capres) Anies Baswedan mengatakan akan merevisi UU ITE bila berhasil memenangkan Pilpres 2024. Revisi UU ITE menjadi salah satu agenda penting lantaran sudah banyak korban yang terjerat pasal karet dalam aturan tersebut.

Pengamat politik senior BRIN Lili Romli menilai bila Anies benar-benar berkomitmen merevisi UU ITE, tentu akan mendapat banyak dukungan masyarakat. Pasalnya, UU tersebut telah menghambat kebebasan berpendapat.

"Orang-orang yang selama ini mendorong agar UU ITE direvisi, tentu akan mendukung kebijakan yang digagas tersebut," ujarnya kepada Media Indonesia, Rabu (22/11).

Baca juga: AMIN Menang, Cak Imin Janji Evaluasi UU ITE

Dia menilai bahwa revisi UU ITE menjadi salah satu agenda yang penting bagi para peserta Pilpres 2024. Sebab UU tersebut sudah menghambat demokrasi tanah air.

"Suatu keniscayaan perlunya revisi UU ITE sehingga atmosfer kebebasan kembali hadir di tengah-tengah publik. Demokrasi tanpa ada kebebasan berpendapat sama dengan mengkerangkeng demokrasi itu sendiri sehingga demokrasi tidak memiliki makna. Ini karena kebebasan berpendapat merupakan salah satu roh demokrasi. Jika roh demokrasi tersebut dibelenggu, maka demokrasi menjadi hampa," jelasnya. (Van/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat