visitaaponce.com

Soal Pilihan Pilpres, GAMKI Jatim Kembalikan ke Hati Nurani

Soal Pilihan Pilpres, GAMKI Jatim Kembalikan ke Hati Nurani
Ketua DPD Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Jawa Timur Arnold L Panjaitan(dok pribadi)

Ketua DPD Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Jawa Timur Arnold L Panjaitan memberi kebebasan kepada kader untuk memilih pada 2024.

"Soal pemilihan umum presiden dan wakil presiden (pilpres), kita kembalikan ke hati nurani kader-kader GAMKI. Tapi soal memilih calon anggota legislatif (caleg), kami mendorong untuk memilih dari kader," kata dia di sela-sela Kaderisasi GAMKI se-Jawa Timur saat briefing peserta, beberapa waktu lalu.

Baca juga: M Qodari Berikan Beasiswa Dua Aktivis GAMKI: Modal Punya Inisiatif

Sebelumnya, calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka berkunjung ke Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel). Mereka menghadiri apel siaga nasional Brigsena GAMKI. Kehadiran itu menjawab pertemuan antara Ketua Umum DPP GAMKI Sahat Sinurat dan Gibran, sebelumnya.

Baca juga: GAMKI Undang Gibran Hadiri Apel Siaga Nasional

Arnold menambahkan, sejumlah kader GAMKI menjadi caleg dari beragam partai politik. Mulai dari PDIP, NasDem, Demokrat, Gerindra, Golkar, dan lainnya.

"Secara politik, GAMKI memang independen. Tetapi, mendukung kader yang maju Pileg 2024 adalah pertarungan ideologis," ujarnya.

Baca juga: GAMKI Minta Presiden Berikutnya Melanjutkan Pembangunan Jokowi

Arnold mengatakan GAMKI harus ikut mewarnai kursi legislatif 2024, meski itu duduk dari multipartai. "Agar nilai-nilai ekumenis dan nasionalis itu dapat diejawantahkan di tengah masyarakat melalui kebijakan," tuturnya.

DPD GAMKI Jawa Timur menggelar acara Kaderisasi Tingkat Dasar GAMKI se-Jawa Timur di Kota Batu Malang 24-25 November 2023.

Oikumene dan nasionalis

Arnold mengatakan acara kaderisasi diikuti oleh 164 kader dari 11 DPC dari 32 DPC GAMKI yang ada di Jawa Timur.

"Kaderisasi ini akan di ikuti 164 kader yang berasal dari 11 DPC yang telah mendaftar secara daring. Mereka berasal dari Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Kota Malang, Kabupaten Malang, Lumajang, Kota Kediri, Kabupaten Kediri, Jombang, Ponorogo, dan Magetan," papar Arnold.

Ia mengatakan kaderisasi tingkat dasar itu bertujuan untuk menciptakan kader ideologis GAMKI dan untuk menjaga eksistensi gerakan oikumene dan nasionalis di Jawa Timur.

Dalam pembukaan acara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa diwakili oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja, Himawan Estu Subagijo,

Himawan menyampaikan agar GAMKI Jatim dapat melakukan kerja sama dengan Pemprov Jatim dalam hal ini Disnaker dalam kegiatan pelatihan yang dilaksanakan pemerintah serta pendistribusian ke lapangan Kerja.

"Ayo GAMKI se Jatim daftarkan anggotanya yang butuh pelatihan dan pekerjaan, silakan pantau dan monitor Instagram Disnaker Jatim," ujarnya.

Ketua Umum DPP GAMKI Sahat MP Sinurat mengatakan GAMKI akan menggunakan kaderisasi sebagai syarat dan kompetensi dasar untuk bisa menjadi pengurus.

"Kaderisasi ini kami dorong untuk dapat digelar di seluruh  DPD dan DPC di Indonesia. Ini juga akan menjadi syarat menjadi pengurus GAMKI, minimal kalo mau jadi Pengurus DPC, harus ikut kaderisasi tingkat dasar, kalo mau jadi pengurus DPD harus ikut kaderisasi tingkat madya, dan menjadi pengurus DPP ikut kaderisasi tingkat lanjut," terangnya. (X-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Henri Siagian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat