visitaaponce.com

Suara Komponen Organisasi Islam Terbagi Rata ke 3 Paslon

Suara Komponen Organisasi Islam Terbagi Rata ke 3 Paslon
Anggota tim sukses Prabowo-Gibran, Viva Yoga Mauladi(MI / Susanto)

KOALISI Indonesia maju (KIM) menyatakan bahwa suara komponen organisasi Islam di Indonesia terbagi suaranya ketiga pasangan calon (paslon) yang akan bertarung dalam Pemilu 2024.

Anggota tim sukses Prabowo-Gibran, Viva Yoga Mauladi, mengemukakan bahwa basis keagamaan Islam di Nusantara bermacam-macam. Ia mencontohkan seperti Mathlaul Anwar, Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Persis, hingga Nahdlatul Wathan.

“Jadi sebagai organisasi keagamaan, secara resmi tidak ada yang mengeluarkan sikap mendukung salah satu paslon, karena mereka harus mempertahankan netralitas sebagai organisasi keagamaan,” tegas Viva Yoga kepada Media Indonesia, Selasa (28/11).

Baca juga : Pulang Kampanye dari Bogor, Anies Naik KRL Commuter Line

“Dan dalam realitasnya, seluruh komponen organisasi Islam itu tidak tunggal, mereka tersebar ketiga paslon,” paparnya.

Baca juga : Luar Jawa Perlu Rasakan Debat Capres-Cawapres

Nantinya, paslon yang paling banyak mendapatkan suara organisasi Islam akan ditentukan dari hasil suara di Jatim, Jabar hingga Jateng.

Adapun konstelasi politik jelang Pilpres 2024 tinggal menyisakan tiga bulan ke depan. Seluruh calon presiden semakin mengencangkan sabuk pengaman untuk mengejar basis suara Nahdlatul Ulama (NU) yang menjadi rebutan.

Suara warga nahdliyin atau massa kultural NU bak kembang desa bagi ketiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden di Pilpres 2024.

Setiap capres berlomba-lomba mencuri perhatian kaum nahdliyin dengan melakukan strategi seperti blusukan ke jantung basis suara nahdliyin. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat