visitaaponce.com

Luar Jawa Perlu Rasakan Debat Capres-Cawapres

Luar Jawa Perlu Rasakan Debat Capres-Cawapres
Bakal calon presiden Anies Baswedan (tengah), Ganjar Pranowo (kanan) dan Prabowo Subianto (kiri).(Antara )

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) bakal menyelenggarakan debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) sebagai salah satu metode kampanye pada Pemilu 2024. Agar tidak menciptakan persepsi Jakartasentris atau Jawasentris, Direktur Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP) Indonesia Neni Nur Hayati menyarankan KPU menyelenggarakan debat capres-cawapres di luar Pulau Jawa.

"Agar inklusif dan menyentuh kebutuhan grass root, sebaiknya dapat ada keterwakilan masing-masing provinsi. Karena ketika kita bicara Indonesia itu bukan hanya Pulau Jawa saja," kata Neni kepada Media Indonesia, Selasa (28/11).

Pada Pemilu 2019, lima kegiatan debat yang digelar KPU digelar di tiga hotel berbeda di Jakarta, yakni Hotel Bidakara, Hotel Sultan, dan Hotel Shangri La. Neni meminta KPU mengantisipasi bocornya kisi-kisi debat. Ia juga berharap tema yang ditentukan dapat komprehensif menjawab tantangan dan permasalahan bangsa.

Baca juga: PBNU Berharap Seluruh Kandidat Pilpres Jalankan Integritas Pemilu

Terpisah, anggota KPU RI Idham Holik mengatakan pihaknya masih menyiapkan segala kebutuhan terkait debat capres-cawapres, termasuk waktu dan tempat penyelenggaraan. Idham memastikan, debat yang digelar bakal berlangsung sebanyak lima kali sebagaimana diatur Pasal 277 Undang-Undang Nomor 7/2017 tentang Pemilu.

Idham mengatakan, pihaknya bakal menggelar focus group discussion terkait perumusan tema dan isu strategis pelaksanaan debat capres-cawapres pada Rabu (29/11).

Baca juga: KPU Jadikan Isu Lingkungan sebagai Topik Debat Capres-Cawapres

Terpisah, anggota KPU RI Mochamad Afifuddin mengungkap pihaknya berencana tidak menggelar seluruh kegiatan debat di Jakarta. "Itu masih wacana kami, tapi di antaranya pasti di Jakarta." (Tri/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat