visitaaponce.com

5 Tema Debat Capres-Cawapres Pemilu 2024

5 Tema Debat Capres-Cawapres Pemilu 2024
Calon presiden Anies Baswedan (tengah), Ganjar Pranowo (kanan) dan Prabowo Subianto (kiri)(Antara )

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tema untuk lima debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2024. Tema itu disepakati setelah KPU mengundang tim kampanye masing-masing pasangan capres-cawapres pada Rabu (29/11).

Anggota KPU RI Idham Holik mengatakan, debat pertama yang digelar pihaknya bertema hukum, hak asasi manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi. Rencananya, debat pertama bakal dilaksanakan pada 12 Desember 2023.

"Debat kedua adalah pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional," kata Idham saat dikonfirmasi, Kamis (30/11).

Baca juga: Soal Debat Capres-Cawapres, Anies: Sudah Persiapan Bertahun-tahun

KPU mengagendakan debat kedua pada 22 Desember 2023. Adapun tema debat ketiga yang bakal digelar pada 7 Januari 2023 mengambil tema ekonomi (kerakyatan dan digital), kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan, pajak (digital), keuangan, pengelolaan APBN dan APBD, dan infrastruktur.

Sementara itu, debat keempat mengambil tema energi, sumber daya alam, sumber mineral nusantara, pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat. Debat keempat bakal dilaksanakan pada 21 Januari 2024. Sedangkan debat terakhir diagendakan pada 4 Februari 2024.

Baca juga: Debat Capres Cawapres bukan Ajang Pamer Gimik Gemoy

"Debat kelima tentang teknologi informasi, peningkatan pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan, kesehatan (post-covid society), dan ketenagakerjaan," tandas Idham. (Tri/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat