visitaaponce.com

Rangkul Kaum Adat untuk Atas Stunting

Rangkul Kaum Adat untuk Atas Stunting
Sejumlah warga bersama anaknya mengikuti pembinaan di Rumah Gizi Puskesmas Parak Karakah, Padang, Sumatera Barat, Senin (19/9/2022).(ANTARA/IGGOY EL FITRA)

WAKIL Wali Kota Padang Ekos Albar sekalgus ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) menyebutkan semua daya upaya harus dilakukan bersama untuk mengantisipasi dan menurunkan stunting. Maka lintas sektor, mitra lintas sektor, mitra kerja, bahkan orang-orang individu bisa membantu percepatan penurunan stunting di kota Padang.

"Bersama, gotong royong membrantas stunting.Ingatkan selalu kepada keluarga beresiko supaya tidak melahirkan anak stunting, ini upaya dalam percepatan penurunan stunting di lingkungan Kota Padang," ucap Ekos, Selasa (15/12).

"Kepada para niniak mamak, cadiak pandai, bundo kanduang, pemuka masyarakat bersama mengantisipasi persoalan stunting ini, demi menyelamatkan anak anak unggul dimasa mendatang," harapnya.

Menurutnya, sinersigitas Pemerintah Kota Padang dan stakeholders dalam percepatan penurunan stunting sangatlah penting, karena kesadaran dan pemahaman akan peran masing-masing merupakan kunci utama dalam upaya mencegah dan mengatasi stunting.

Baca juga:

Rancah Bana! Ini Rangkaian Prosesi Pernikahan Adat Padang Minangkabau yang Sarat Makna

Percepat Penurunan Stunting, Pemkot Pematang Siantar Jalin Kerja Sama dengan Tanoto Foundation

"Kepada para tim penanganan stunting supaya selalu memperkuat edukasi dan advokasi tentang pentingnya upaya pencegahan kekerdilan atau stunting di tengah masyarakat," ujarnya.

Sebab generasi pada masa masa yang datang harus memiliki SDM berkualitas. Mereka harus disiapkan dari sekarang. Untuk itu, setiap bayi yang lahir harus sehat dan tidak stunting.

"Edukasi tentang dampak stunting pada masyarakat harus ditingkatkan pengetahuannya, termasuk tentang pentingnya asupan gizi seimbang dan pemberian asi ekslusif sampai bayi berusia dua tahun," sebut Ekos.

"Kepada para tim penanganan penurunan stunting supaya terus mengajak seluruh keluarga untuk memberikan asupan makanan bergizi seimbang agar terhindar dari stunting. Karena makanan bergizi seimbang mudah didapatkan, dari berbagai bahan pangan lokal yang selalu tersedia," tandasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat