visitaaponce.com

Pilpres 2024 Disebut Sebagai Perang Bharatayudha, Anies Tak Ada Musuh

Pilpres 2024 Disebut Sebagai Perang Bharatayudha, Anies: Tak Ada Musuh
Anies Baswedan sebut tak ada musuh dalam Pilpres 2024(Medcom)

Calon presiden (capres) Anies Baswedan menanggapi pernyataan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menyebut politik saat ini seperti perang Baratayuda. Anies menegaskan tak ada yang namanya musuh, melainkan hanya lawan.

"Kalau musuh itu saling menghabisi, kalau lawan saling menguatkan," ujar Anies saat mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Cibogo, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (9/12).

Anies menganggap dua pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (capres) lainnya merupakan lawan. Baik lawan dalam pilpres dan lawan dalam debat.

Baca juga: Koalisi Perubahan Kerap Mendapat Tekanan

"Lawan dalam pilpres adalah teman dalam demokrasi, lawan dalam debat adalah teman dalam berpikir," jelasnya.

Oleh karena itu, capres nomor urut 01 memandang Pilpres 2024 sebagai kompetisi demokrasi. Ia berharap semangat pesta demokrasi ini terus dijaga.

Baca juga: Anies Dan Fery Farhati Nostalgia di Pasar Kepuh Kuningan

"Karena ini semua adalah anak bangsa, ini semua bercita-cita Indonesia yang lebih baaik," pungkasnya.

Sebelumnya, SBY mengibaratkan dirinya sebagai tokoh pewayangan Kresna. Selain itu, ia juga menyebut putranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Arjuna. 

"Demokrat kan sekarang panglimanya AHY sebagai Ketua Umum. Arjuna disebut lelanang jagad yang bisa mengemban tugas-tugas besar, tugas perjuangan agar menang. Dikisahkan bahkan dalam peperangan Baratayuda pun ada seseorang yang memberikan nasehat, yang menjelaskan strategi," ujar SBY saat menghadiri kegiatan konsolidasi Partai Demokat di Sragen, Jawa Tengah, 1 Desember 2023.

Kendati demikian, ia menekankan bahwa dirinya telah pensiun dalam politik sehari-hari. Tetapi saat ini ia siap turun gunung. 

"Saya kan sudah pensiun dari politik sehari-hari tetapi turun gunung sekarang seperti Kresna, turun gunung ketika terjadi Baratayuda. Meskipun ini bukan Baratayuda saling menghancurkan tapi kompetisi lah memberikan nasihat pandangan mudah-mudahan perjuangan kami, perjuangan yang baik mendapat ridho Allah dan berhasil," ungkapnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat