visitaaponce.com

Bagaimana Cara Anies Menyusun Kabinet Simak Jawaban Berikut

Bagaimana Cara Anies Menyusun Kabinet? Simak Jawaban Berikut
Simak cara Anies Baswedan menyusun kabinet(Medcom/Siti Yona Hukmana)

CALON presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menjadi narasumber di acara Total Politik X Desak Anies di Hotel Aryaduta, Jakarta. Acara ini dihadiri oleh masyarakat umum.

Anies diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari lima panelis. Salah satu panelis yang bertanya adala Co Inisitoar Bijakmemilih Andhyta Firselly Utami.

Utami duduk di meja bundar berdua dengan Anies. Pertanyaannya soal cara Anies menyusun kabinet bila menjadi Presiden Republik Indonesia.

Anies yang duduk di depannya langsung menjawab pertanyaan itu. Menurut Anies, kabinet adalah sebuah keputusan politik. Maka itu, kata dia, tentu ada faktor politik.

Baca juga: Anies Baswedan Tegas Menolak LGBT

"Yang kedua harus ada unsur kompetensi, yang ketiga harus ada unsur relevansi. Kompeten belum tentu relevan," kata capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Jumat, 22 Desember 2023.

Anies melanjutkan poin ketiga adalah harus ada unsur ketidakbermasalahan. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut setiap orang tidak ada yang sempurna.

Baca juga: Video Tebak-tebakan Anies Vs Muhaimin Tarik Jutaan Penonton

"Integriti belum tantu orang sempurna, tapi tidak bermasalah dan itu yang kita lakukan. Silakan usulkan," ungkapnya.

Di samping itu, Anies juga menjelaskan perihal kebijakan saat menjadi kepala negara nanti. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menekankan akan berpegang teguh pada ideologi. Pemimpin itu, kata Anies, harus memiliki ideologi yang diikuti oleh semua.

"Dan itu yang harus diluruskan. Apa ideologi yang harus dibawa, ideologi peran keadilan. Sehingga ketika mengambil keputusan harus jelas siapa dapat apa, bagaimana, dan gimana dan itu kemudian dijaga untuk hal itu. Bagaimana kita menjaga pandangan publik kita tetap nomor satu didisiplinkan bila ada pelanggaran," tutur capres yang diusung Partai NasDem itu. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat