visitaaponce.com

Upaya Penangkapan Harun Masiku Dinilai Cara Nawawi Dongkrak Kepercayaan Publik

Upaya Penangkapan Harun Masiku Dinilai Cara Nawawi Dongkrak Kepercayaan Publik
Upaya KPK menangkap buronan Harun Masiku menjadi cara Nawawi Pomolango meningkatkan kepercayaan publik.(MI/Susanto)

UPAYA penangkapan buronan Harun Masiku menjadi cara Ketua sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango meningkatkan kepercayaan publik usai polemik Firli Bahuri.

“Pak Nawawi ini berusaha membangkitkan kembali kepercayaan masyarakat dengan menangkap Harun Masiku,” kata mantan Penyidik KPK Yudi Purnomo Harahap di Jakarta, Senin (1/1).

Yudi menilai penangkapan Harun bakal menjadi prestasi bagi KPK. Sehingga, kata dia, masyarakat bisa yakin Lembaga Antirasuah itu masih serius dalam memberantas korupsi di Indonesia.

Baca juga: KPK Belum Tentu Lebih Baik Pascakeluarnya Firli Bahuri

“Kalau itu terjadi (penangkapan Harun), saya pikir setidaknya masyarakat akan percaya kepada sosok Pak Nawawi dan KPK-nya,” ucap Yudi.

Nawawi dinilai satu-satunya komisioner yang bisa menangkap Harun. Sebab, mantan hakim itu tidak bisa diintervensi, dan tidak memiliki rekam jejak konflik kepentingan. “Bagi saya, Pak Nawawi bisa jadi diri sendiri, dan tidak bisa diintervensi oleh siapapun, kapanpun, dan cara apapun,” ujar Yudi.

Baca juga: Kasus Harun Masiku Dinilai Ringan, Publik Menanti Keseriusan KPK

Nawawi Pomolango berambisi mengembalikan muruah instansinya pada 2024. Rencananya dimulai dengan upaya pengembalian kepercayaan masyarakat terhadap Lembaga Antirasuah.

Nawawi juga meminta pegawai KPK membantunya untuk mengembalikan muruah Lembaga Antirasuah tahun depan. Kinerja para aparatur sipil negara (ASN) di sana bakal digenjot. “Mari di tahun depan kita bisa lebih fokus untuk mengembalikan muruah lembaga ini, memperkuat kepercayaan publik,” kata Nawawi di Jakarta, Jumat, 29 Desember 2023.

Nawawi mengatakan KPK tengah berada di titik nadir usai Ketua nonaktif Lembaga Antirasuah Firli Bahuri berulah. Menurutnya, kepercayaan masyarakat yang paling dirasakan penurunannya.

Dia tidak mau harapan masyarakat atas pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK terus menurun. Nawawi ingin taring Lembaga Antirasuah bisa dilihat masyaraka mulai tahun depan. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat