visitaaponce.com

Pendukung Amin Disebut Paling Loyal dan tak Mudah Ubah Pilihan

Pendukung Amin Disebut Paling Loyal dan tak Mudah Ubah Pilihan
Anies Rasyied Baswedan dalam Kegiatan kampanye 'Desak Anies' di Batu Sangkar, Sumatra Barat, 3 Januari 2024.(MI/Susanto )

PENDUKUNG atau pemilih Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) merupakan basis yang memiliki loyalitas tertinggi dibanding pasangan lainnya. Hal itu berdasarkan survei yang dilakukan Lembaga Konsultan Politik Indonesia (LKPI) StarPoll.

"Pemilih Anies-Muhaimin merupakan pemilih yang paling loyal, mayoritas mereka mengatakan bahwa pilihan mereka sudah pasti sebanyak 56,5%," ujar peneliti senior StarPoll, Murtianto, Rabu (3/1).

Sementara, untuk pemilih pasangan Prabowo-Gibran, 63,6% diantaranya mengatakan masih mungkin berubah. Demikian juga dengan pemilih Ganjar-Mahfud yang 56,2% diantaranya mengatakan masih mungkin berubah.

"Jumlah responden yang menjawab bahwa pilihan mereka masih mungkin berubah lebih banyak yaitu 48,7%. Responden yang menjawab pilihan mereka sudah pasti 40,4%," jelasnya.

Tingginya loyalitas pemilih Anies-Muhaimin tidak terlepas dari latar belakang pemilihnya yang merupakan kelompok masyarakat berpendidikan tinggi. Kelompok ini dinilai tidak sekadar menentukan pilihan karena suka atau tidak suka dengan pasangan tertentu, tetapi lebih kepada visi misi ataupun gagasan. (Van/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat