visitaaponce.com

Nazar Pemilu, Pendukung Capres-cawapres Ikut Berjanji Lewat Cara Kreatif

Nazar Pemilu, Pendukung Capres-cawapres Ikut Berjanji Lewat Cara Kreatif
Hashtag #nazarpemilu yang trending di X/Twitter dalam beberapa hari terakhir.(Tangkapan layar X)

Tagar nazar pemilu terus menjadi trending di media sosial. Tren tersebut memberi ruang bagi para pendukung capres dan cawapres pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 untuk ikut berjanji jika nanti pasangan calon yang mereka jagokan terpilih.

Saat ini, nazar pemilu sejatinya didominasi pendukung pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

"Mereka menganggap pemilihan kali ini berbeda dan menarik karena pendukung pasangan calon tidak hanya berjanji, tetapi juga siap untuk melaksanakan janji tersebut jika pasangan calon yang mereka dukung menang," kata Founder Drone Emprit, Ismail Fahmi.

Pada analisisnya, Fahmi mencatat tagar nazar pemilu digunakan sebagai wadah untuk menyampaikan harapan dan dukungan terhadap pasangan calon tertentu. Terdapat variasi dalam jenis nazar yang dibuat oleh pengguna media sosial.

Baca juga: 130 Polisi Amakan Kunjungan Capres Anies Baswedan di Bone Bolango

"Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat memiliki minat dan keahlian yang beragam, serta ingin berkontribusi dalam berbagai bidang seperti pendidikan, riset, pemberdayaan UMKM, dan keagamaan," ujar dia.

Fahmi mencatat nazar pemilu menjadi ajang untuk berbagi ide dan inspirasi antara pengguna media sosial. Beberapa pengguna bahkan memberikan dukungan dan merespon nazar pengguna lain dengan antusiasme.

"Dalam keseluruhan analisis ini, terlihat bahwa tagar #Nazarpemilu menjadi sarana untuk menyampaikan harapan, dukungan, dan komitmen dari masyarakat terhadap pasangan calon tertentu. Hal ini juga menunjukkan bahwa masyarakat memiliki keinginan untuk berkontribusi dan berpartisipasi dalam pemilihan presiden dengan cara yang kreatif dan bermanfaat," ucap Fahmi.

Baca juga: Anies Santai Disebut Tak Pantas Bicara Etika oleh Prabowo

Drone Emprit mencatat analisis tersebut pada 6 Januari 2024 di medsos X atau Twitter dengan penelusuran #nazarpemilu. Tren penggunaan tagar tersebut masih terus bertambah.

Sebelumnya, kubu pasangan Anies dan Muhaimin menekankan tak mengintervensi gerakan nazar pemilu. Gerakan tersebut tumbuh organik.

"(Tumbuh) organik, enggak ada (diminta atau disuruh). Jangan kemudian ini di-framing-framing sebagai sesuatu yang dikondisikan dan sebagainya," kata juru bicara (jubir) Tim Pemenangan Nasional (Timnas) Amin Bestari Barus di Jakarta. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat