visitaaponce.com

Anies Santai Disebut Tak Pantas Bicara Etika oleh Prabowo

Anies Santai Disebut Tak Pantas Bicara Etika oleh Prabowo
Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, di debat capres ketiga, Minggu, 7 Oktober 2024.(AFP/Berry)

CALON presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan disebut tak pantas bicara soal etika oleh capres nomor urut 2 Prabowo Subianto. Pernyataan itu muncul saat Anies menyinggung berkaitan dengan etika dan kepemimpinan di bidang pertahanan saat debat ketiga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Anies menanggapi santai hal itu. Ia justru menekankan siapapun capres mestinya siap dengan berbagai pertanyaan yang muncul.

"Siapa saja boleh bertanya dan itulah tugas seorang capres siap ditanya apa saja, oleh siapa saja, dan prinsip itu yang harus dipegang," kata Anies di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam, 7 Januari 2024.

Baca juga: Usai Debat Ke-3 Anies Menolak Diajak Ngopi oleh Prabowo, Apa Alasannya?

Anies mencontohkan ketika diberondong pertanyaan oleh awak media. Ia menekankan hak awak media untuk bertanya dan tak boleh dihalangi.

"Ketika wartawan tanya saya tidak boleh bilang sama wartawan ‘oh anda tidak boleh bertanya itu’ boleh," ucap Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyinggung sosok Jenderal Soedirman yang menjunjung etika. Sehingga, kepahlawanan Jenderal Soedirman dikenang hingga saat ini.

Baca juga: Soal Bersalaman, Prabowo Sebut Anies Tak Mendatanginya

"Apakah kita merujuk kepada panglima besar Jenderal Soedirman yang menjunjung tinggi nilai, menjunjung tinggi etika, sehingga dihormati sampai dengan hari ini," ujar Anies.

Sebelumnya, Anies menyinggung soal etika pemimpin. Ia menyinggung soal pelanggaran etika di Kementerian Pertahanan dan cawapres pendampingnya, Gibran Rakabuming Raka, yang maju dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Tapi dalam kenyataannya pak, ketika bapak di Kementerian Pertahanan, banyak orang dalam di pengadaan alutsista, PT teknologi militer Indonesia, Indonesia defence security, lalu orang dalam di food estate, lalu ada kejadian ketika ada pelanggaran etika dan bapak tetap dengan cawapres yang melanggar etika artinya ada kompromi etika. Kemudian bapak mengolok-olok tentang etika, saya tidak tega mengulanginya," ucap Anies di Istora Senayan, Jakarta, Minggu, 7 Januari 2024.

Kemudian, Prabowo menimpali pernyataan Anies tersebut. Menurut Menteri Pertahanan (Menhan) itu, Anies tak pantas berbicara soal etika dan menilai pernyataan tersebut menyesatkan.

"Saya merasa bahwa anda itu posturing, menyesatkan, itu aja. Saya boleh berpendapat kan? Saya menilai anda tidak berhak bicara soal etik karena anda memberi contoh yang tidak baik soal etik," kata Prabowo.
(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat