visitaaponce.com

Debat Pilpres tidak Mengubah Pilihan Calon Pemilih, Bagaimana Hasil Surveinya

Debat Pilpres tidak Mengubah Pilihan Calon Pemilih, Bagaimana Hasil Surveinya?
Debat Capres tak mengubah keteguhan hati pemilih(Antara)

SURVEI Indonesia Political Opinion (IPO) memetakan fungsi debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) terhadap keteguhan memilih calon pemimpin. Hasilnya, mayoritas responden setia pada pilihannya.

"Sebanyak 64% tetap pada pilihannya meskipun telah menyaksikan debat capres-cawapres," kata Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah dalam rilis survei secara daring, Rabu, 10 Januari 2024.

Dedi mengatakan 12% responden mengaku mengubah pilihannya setelah menonton debat. Sedangkan tujuh persen lainnya menjawab menjadi ragu atas pilihannya.

Baca juga: Moeldoko Anggap Kritik Jokowi untuk Perbaikan Format Debat

"Ada 17% responden lainnya yang menjawab belum memutuskan pilihan," papar dia.

Selain itu, mayoritas pemilih tidak begitu antusias soal tema debat kandidat. Hanya 6,1% responden yang menyatakan mempertimbangkan gagasan terkait penegakan hukum dan pemberantasan korupsi.

Baca juga: Anies Jadi Pemenang Debat Ketiga Pilpres 2024 Versi Netizen

"3,9% responden menyatakan perlu mendengar gagasan terkait demokrasi, keadilan dan kebebasan berpendapat," ujar Dedi.

Dedi menyebut tema politik dan keamanan hanya menarik minat 1,4% responden. Topik energi dan kesejahteraan masyarakat paling rendah dengan 0,8% minat responden.

Survei IPO dilakukan pada 1 Januari hingga 7 Januari 2024. Responden survei mencapai 1.200 orang yang telah memiliki hak pilih atau berusia di atas 17 tahun.

Penarikan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling dan pembagian kuesioner secara langsung. Margin of error sekitar kurang lebih 2,5% pada tingkat kepercayaan 95%. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat