visitaaponce.com

Pengumpat Anies Masuk ke Arena Debat Pakai Undangan KPU

Pengumpat Anies Masuk ke Arena Debat Pakai Undangan KPU
Debat capres ketiga(MI / M Irfan)

ANGGOTA Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz mengkonfirmasi perempuan yang mengumpat calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan saat debat pada Minggu (7/1) lalu merupakan tamu undangan dari KPU RI. Lewat video yang beredar di sosial media, perempuan tersebut kedapatan sempat mengumpat 'Anies bacot'.

"Yang jelas itu memang orangnya berada di kursi undangan. Jadi undangannya kan mau tidak mau dari KPU," katanya di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (10/1).

Meskipun belum mengetahui identitas perempuan tersebut, Mellaz mengatakan pihaknya bakal menjadikan kejadian itu sebagai evaluasi internal. Sebab, umpatan kepada capres saat debat merupakan bentuk ungkapan kebencian.

Baca juga : KPU Pastikan tak Akan Ubah Format Debat Meski Presiden Minta Evaluasi

"Karena itu kan bisa menjatuhkan seseorang kemudian bisa dianggap kebencian gitu kan, itu sama sekali dilarang," jelas Mellaz.

Baca juga : KPU Anggap Bawaslu Kurang Detail Lakukan Pengawasan Logistik

Di sisi lain, KPU juga menyoroti riuhnya penonton debat di lokasi acara. Menurutnya, setiap tamu undangan acara debat harus mengikuti aturan tata tertib. Kalaupun ingin mengekspresikan selebrasi, sebaiknya dilakukan saat jeda acara.

Mellaz mengatakan, dinamika yang terjadi selama debat capres ketiga bakal menjadi evaluasi yang dibahas bersama tim pasangan calon.

Sebelumnya, video seorang perempuan yang mengumpat 'Anies bacot' saat debat viral di media sosial. Dalam video itu, tampak petugas keamanan sempat menegur tamu tersebut.

Perempuan itu juga mengakui dirinya merupakan tamu dari seseorang yang disebutnya Pak Hasyim. Kendati demikian, tidak diketahui dengan pasti siapa Hasyim yang dimaksud. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat