visitaaponce.com

Timnas Amin Minta DPR Panggil Menteri yang Bagi-bagi Bansos

Timnas Amin Minta DPR Panggil Menteri yang Bagi-bagi Bansos
Menteri Perdagangan ikut membagikan banstuan sosial.(MI)

Tim Pemenangan Nasional (Timnas) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Amin) meminta DPR RI memanggil menteri-menteri yang ikut terlibat dalam pembagian bantuan sosial (bansos). Pasalnya, aksi itu dianggap mengarah pada politisasi bansos.

"Kita mengimbau pertama kepada DPR. DPR harus bersikap, panggil itu menteri-menteri yang membagi bansos. Tanya itu apa sudah tepat sasaran, ada politisasi atau tidak. Cek itu dan bisa ditegur menteri-menterinya," kata Ketua Tim Hukum Timnas Amin Ari Yusuf Amir dalam program Crosscheck by Medcom, Minggu (21/1).

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo kerap melibatkan para menteri selain Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam penyaluran bansos. Padahal, Kementerian Sosial (Kemensos) adalah pihak yang memiliki kewenangan itu.

"Makanya seharusnya ini dikembalikan kepada Kementerian Sosial, jangan menteri-menteri, menteri perdagangan, menko yang bagi-bagi bansos. Itu kan tidak tepat. Itu menjadi persoalan," ucap Ari.

Selain DPR RI, ia juga mendesak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk memanggil para menteri tersebut. Politisasi bansos harus ditindak serius.

"Bawaslu ingat ini, tidak boleh diam, Bawaslu di pusat tentunya untuk memanggil menteri-menteri yang terkait dengan pembagian Bansos. Lalu menjadikan ini sebagai politik uang harus disikapi oleh Bawaslu," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat