visitaaponce.com

Cak Imin Hilirisasi Tambang Dilakukan secara Ugal-ugalan

Cak Imin: Hilirisasi Tambang Dilakukan secara Ugal-ugalan
Cawapres nomor urut 2 Muhaimin Iskandar(MI)

Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengatakan usaha pertambangan di Indonesia dilakukan secara ugal-ugalan. mengutip data Kementerian ESDM, ia menyebut ada 2.500 tambang ilegal di Tanah Air. Di sisi lain, tambang yang legal tidak membawa kesejahteraan untuk rakyat.

“Kita menyaksikan dalam proses penambangan dan bisnis tambang, hilirasi, dilakukan ugal-ugalan,” ujar Cak Imin dalam debat kedua cawapres di Jakarta Convention Center, Minggu (21/1).

Ia juga mengatakan ada banyak masalah yang terjadi di sektor pertambangan saat ini, mulai dari perusakan lingkungan, banyaknya kecelakaan kerja, dan tenaga asing yang mendominasi.

"Kita melihat perkembangan hilirisasi maupun tambang tidak signifikan dengan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya,” imbuh Cak Imin.

Ia mencontohkan di Sulawesi Tengah, di mana banyak proyek hilirisasi dilakukan, pertumbuhan ekonomi di wilayah itu memang bisa sampai 13%. Namun, rakyatnya tetap miskin dan tidak bisa menikmati hasil dari hilirisasi itu. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat