visitaaponce.com

Gibran Dinilai Bukan Representasi Anak Muda yang Ideal

Gibran Dinilai Bukan Representasi Anak Muda yang Ideal
Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka saat debat cawapres.(MI/Susanto)

PENGAMAT politik Prof Lili Romli menilai cawapres dari paslon nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka bukanlah representasi anak muda yang ideal. Pasalnya, gagasan dan perilaku Gibran, khususnya saat debat cawapres, tidak menggambarkan sosok pemimpin muda Indonesia yang kreatif dan tetap menjaga sopan santun.

"Saya kira Gibran bukan representasi anak muda. Jika secara fisik atau umur, ya memang dia muda. Namun dalam segi gagasan dan perilaku, bukan representasi anak muda yang kita inginkan dan idealkan," ujarnya kepada Media Indonesia, Selasa (23/1).

Baca juga: Unggah Tagar #PrabowoGibran2024, Akun X Kemenhan Disoalkan ke Bawaslu

Prof Lili menilai tidak banyak gagasan yang diutarakan Gibran dalam debat cawapres. Paslon 02 yang ingin melanjutkan program Presiden Jokowi seakan minim gagasan untuk ditawarkan kepada masyarakat.

Selain itu, dalam debat Gibran juga menampilkan gimick yang dinilai tidak etis. Sebagai generasi muda dan juga calon pemimpin bangsa, nilai-nilai seperti sopan santun hendaknya selalu diutamakan. Apalagi menghadapi lawan debat yang jauh lebih tua darinya.

Baca juga: Muhaimin Tegaskan Tak Pakai Botol Plastik yang Dipersoalkan Gibran

"Debat cawapres kemarin, dengan melakukan gimick dan sikap yang seperti merendahkan lawan debat, kurang etis dan elok dalam perspektif kita sebagai orang timur, yang menjunjung adab dan kesopan. Jadi kita bertanya-tanya, apa iya seperti itu sikap dan perilakunya, meski itu dalam bentuk gimick. Saya kira tidak demikian dan bukan yamg diinginkan oleh sebagian besar anak-anak muda," kata dia.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat