visitaaponce.com

Presiden tak Pakai Fasilitas Negara, Mungkinkah

Presiden tak Pakai Fasilitas Negara, Mungkinkah?
Co-captain Tim Pemenangan Nasional (Timnas) Amin Sudirman Said.(Medcom.id/Fachri )

KUBU pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Amin) menilai sulit memisahkan presiden tak menggunakan fasilitas negara ketika berkampanye. Hal ini merespons pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa Kepala Negara boleh berkampanye pada pemilihan umum (pemilu) asalkan tak pakai fasilitas negara.

"Saya pernah jadi menteri, pernah enggak saya lepas dari fasilitas negara? Sulit kan? ke mana-mana dengan mobil dinas, tinggal di rumah dinas. Rombongan ke luar kota diurus oleh dana negara. Itu baru menteri tuh, bagaimana dengan presiden?" kata co-captain Tim Pemenangan Nasional (Timnas) AMIN Sudirman Said di Rumah Perubahan, Jalan Brawijaya X, Jakarta Selatan, Rabu, 24 Januari 2024.

Sudirman menuturkan presiden ketika giat selalu dikawal banyak petugas. Karena mengacu pada standar operasional prosedur (SOP) Kepala Negara.

Baca juga: Koalisi Masyarakat Sipil Kecam Penyataan Jokowi

"Jadi, dari segi aspek bahwa itu tidak menggunakan fasilitas negara, rasanya sulit sekali untuk dilaksanakan. Itu aspek teknis," ujar Sudirman.

Presiden Jokowi menyebut Kepala Negara boleh berkampanye dalam pemilihan umum (pemilu). Selain itu, seorang presiden juga boleh memihak kepada calon tertentu.

Baca juga: 02 tidak Mau Mundur"Presiden itu boleh loh kampanye. Presiden itu boleh loh memihak. Boleh. Tapi yang paling penting waktu kampanye tidak boleh menggunakan fasilitas negara. (Jadi) boleh (presiden kampanye)," ujar Jokowi di Terminal Selatan Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. (Medcom/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat