visitaaponce.com

Jokowi Sebut Presiden Bisa Kampanye, Timnas Anies Kehilangan Sumber Teladan Baik

 Jokowi Sebut Presiden Bisa Kampanye, Timnas Anies : Kehilangan Sumber Teladan Baik
Co-captain Tim Pemenangan Nasional (Timnas) AMIN Sudirman Said.( Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez )

KUBU pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (AMIN) menilai pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandakan hilangnya sumber keteladanan. Pernyataan tersebut terkait seorang Kepala Negara boleh berkampanye dan memihak pada pemilihan umum (pemilu).

"Kita ini seperti kehilangan sumber keteladanan baik dan itu berbahaya untuk standar dalam bernegara," kata co-captain Tim Pemenangan Nasional (Timnas) AMIN Sudirman Said di Rumah Perubahan, Jalan Brawijaya X, Jakarta Selatan, Rabu, (24/1). 

Sudirman mengatakan hilangnya keteladanan memiliki risiko. Karena berbeda dengan persoalan teknis, keteladanan hingga moral dan etik membutuhkan waktu lama untuk diperbaiki.

Baca juga : Capres 01 Anies Baswedan Dapat Wejangan Sri Sultan Hamengku Buwono X

"Sikap itu yang tadi anda bilang risikonya sangat besar karena yang rusak norma," ucap Sudirman.

Baca juga : Surya Paloh Promosikan Anies Pilihan Capres Terbaik

Mantan Menteri ESDM itu menekankan publik sejatinya tak ingin melihat Presiden berpihak dan condong pada salah satu kontestan pemilu. Selain itu, Sudirman juga mengutip pernyataan Anies bahwa negeri ini butuh kalangan terdidik bukan didasari kepentingan keluarga.

"Pak Anies di Jogja bilang jika Republik ini dibangun oleh orang-orang terdidik dan bukan kepentingan keluarganya. Tapi untuk kepentingan semuanya," ujar Sudirman.

Presiden Jokowi menyebut Kepala Negara boleh berkampanye dalam pemilihan umum (pemilu). Selain itu, seorang presiden juga boleh memihak kepada calon tertentu.

"Presiden itu boleh loh kampanye. Presiden itu boleh loh memihak. Boleh. Tapi yang paling penting waktu kampanye tidak boleh menggunakan fasilitas negara. (Jadi) boleh (presiden kampanye)," ujar Jokowi di Terminal Selatan Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat