visitaaponce.com

4 Gelaran Debat Capres-Cawapres Jangkau 394 Juta Penonton TV

4 Gelaran Debat Capres-Cawapres Jangkau 394 Juta Penonton TV
Capres Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo(Antara/Aditya Pradana Putra )

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI memperoleh data dari sembilan stasiun televisi yang menunjukkan bahwa penyelenggaraan empat debat Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 sudah menjangkau hampir 400 juta penonton. Hal itu menunjukkan tingginya antusiasme pemilih di Tanah Air atas gelaran Pemilu 2024.

"Tercatat sekitar 394 juta total jangkauan penonton yang tidak terpublikasi. Kalau kita bagi empat saja, itu rata-rata setiap kali pelaksanaan debat bisa menjangkau sampai 98 juta (penonton)," ungkap anggota KPU RI August Mellaz di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (2/2).

Baginya, data itu membuktikan luasnya perhatian publik terhadap acara debat Pilpres 2024 sebagai salah satu metode kampanye. Diketahui, debat edisi kelima atau terakhir baru akan digelar pada Minggu (4/2) mendatang. Menurut Mellaz, antusiasme masyarakat juga tampak sebelum acara debat dimulai maupun setelahnya.

Baca juga : Pengamat Nilai Citra Gemoy Prabowo Hanya Topeng, Aslinya Suka Emosi

Apalagi, sambungnya, berbagai media juga mengulas dan menganalisa pascadebat untuk didiskusikan lebih lanjut kepada penonton. Oleh karena itu, KPU memberikan apresiasi yang luar biasa kepada publik yang terlibat aktif secara luas dalam tahapan Pemilu 2024, khususnya lewat penyiaran debat.

"Harapannya, kampanye melalui metode debat ini menjadi instrumen penting untuk memastikan bahwa memang inilah kualifikasi dari setiap pasangan calon, baik presiden dan wakil presiden, yang diberikan ruang dalam memaparkan visi misi dan program," ujar Mellaz.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari juga berseloroh, persiapan debat pertama yang direncanakan pihaknya beberapa bulan lalu bahkan sempat menimbulkan debat tersendiri di kalangan masyarakat. Baginya, perdebatan yang meliputi acara debat capres-cawapres menunjukkan antusiasme pemilih Indonesia terkait pemilu meningkat.

Baca juga : Jelang Debat KPU, Ganjar-Mahfud Komitmen Berantas Korupsi dan Wujudkan UU Perampasan Aset

"Termasuk dengan adanya media sosial, jangkauannya makin luas," tandasnya. (Tri/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat