visitaaponce.com

Ganjar Sebut Pemerintah tidak Boleh Takut Sama Butet

Ganjar Sebut Pemerintah tidak Boleh Takut Sama Butet
Kandidat capres ikuti debat capres kelima(MI / Yakub Pryatama Wijayaatmaja)

CALON presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menilai pemerintah perlu memfasilitasi dan melindungi para pelaku seni. Termasuk jika ada pelaku seni yang melakukan kritik terhadap kinerja pemerintah seperti halnya yang dilakukan oleh seniman Butet Kartaredjasa

“Kalau lah mereka kemudian berekspresi, pemerintah gak perlu takut masa takut sama pentasnya Butet,” ujar Ganjar saat menanggapi sesi debat Prabowo Subianto terkait budaya, di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (4/2). 

Ganjar menilai, dengan tidak adanya benturan antara budaya dan birokrasi maka budaya akan bertumbuh sehingga pemerintah bisa melihat proses kreatif yang berjalan.  Biarkan budaya dan kreatif tumbuh sendiri sesuai kreatifitas yang ada. 

Baca juga : Masyarakat Diminta Lontarkan Kritik Substantif Pada Bacapres, Bukan Perundungan

“Apakah itu nyanyi, apakah itu filemakers, apakah itu para pencipta, penulis buku, semuanya,” ujarnya. 

Ganjar juga menyebut bahwa pemerintah tidak boleh anti kritik yang disampaikan melalui karya seni. Pemerintah perlu berlaku waras sesuai jalur yang ada dalam menyikapi kebebasan seni. 
Biarkan mereka mengekspresikan dengan dengan seninya dengan karakternya, dengan budayanya. Dan kita cukup fasilitasi mereka yang akan mengerjakan, birokrasi tinggal duduk untuk melihat hasilnya,” ujarnya. (Z-8)

Baca juga : KPU : Siapapun yang Terpilih Harus Mengemban Amanat Rakyat

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat